Bisa Bikin Pasar Tertata dan Bersih, Pedagang Antusias Jual Sampah Hingga 52,5 Kilogram

Sabtu 13-11-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Dalam rangka membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon untuk membersihkan sampah-sampah yang ada, Radar Cirebon Group terus menggelar kegiatan Grebeg Pasar Bank Sampah Berundian Emas, Jumat pagi (12/11). Tepatnya di Pasar Gunung Sari yang berlokasi di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon.

Surya, Koordinator Kegiatan Bank Sampah Berhadiah Emas mengatakan dalam kegiatan tersebut para pedagang hingga pengelola pasar terlihat antusias dengan kegiatan yang merupakan bentuk kepedulian Radar Cirebon Group terhadap lingkungan.

 “Alhamdulilah kita hari ini (kemarin, red) kunjungan ke-5 di pasar-pasar yang ada di Kota Cirebon. Ini kolaborasi yang baik antara kami dan PD Pasar Berintan dan pengelola pasar. Hari ini kami mendapatkan 52,5 kilogram,” ungkap Surya kepada wartawan.

Dijelaskan Surya, para penjual sampah nantinya sudah pasti akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah dan juga kupon undian yang nantinya akan diundi setiap tanggal 15 dan berkesempatan memenangkan 1 gram emas untuk tiga orang pemenang.

“Kita menerima sampah-sampah seperti gelas plastik, kardus, kertas HVS atau LKS punya anak-anak. Itu bisa dijual ke kita. Jual 1 kilogram dapat kupon plus uangnya,\" terang Surya.

Cara menjualnya juga cukup mudah. Yakni dengan membawa sampah tersebut saat Radar Cirebon Group roadshow ke pasar-pasar setiap minggunya, ataupun bisa datang langsung Graha Pena Radar Cirebon di Jalan Perjuangan Nomor 9 Kota Cirebon.

Nantinya juga pihaknya akan melakukan pengundian pada tanggal 15 November 2021 mendatang di Pasar Gunung Sari Kota Cirebon. Sehingga para peserta undian diharapkan dapat hadir secara langsung.

2

Sementara itu, Kepala Pasar Gunung Sari Jojo Wiharjo menyambut baik kegiatan jual sampah berhadiah emas tersebut.  Bahkan, pihaknya merasa bangga bisa dikunjungi Radar Cirebon dalam acara Grebeng Pasar ini. “Kami sangat berterimakasih sekali kepada Radar Cirebon. Kami bangga, karena melihat antusiasme masyarakatnya juga tinggi. Dan bukan hanya pedagang saja,” ungkap Jojo.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh para pedagang, salah satunya tidak menumpuknya sampah lagi di pojokan pasar tersebut. Sehingga, pasar terlihat rapi.

“Mereka juga tertarik karena ada undian dan doorprizenya. Mudah-mudahan terus menerus dilakukan. Karena memang kita sampah kadang harus buang ke TPS Pasar Pagi,” jelasnya.

Senada, Direktur Utama PD Pasar Berintan melalui Kasubid Pemeliharaan PD Pasar Berintan Asep Mugiyono mengungkapkan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Radar Cirebon Group. “Semoga lebih ditingkatkan lagi. Lebih banyak lebih bagus,” ungkap Asep Mugiyono. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait