SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon Tuan Rumah Jumbara

Jumat 19-11-2021,10:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon kembali terpilih sebagai tuan rumah Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kota Cirebon. Acara tersebut berlangsung selama dua hari, 18-19 November 2021.

Kepala SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon, Nur Wahyudin SSi mengapresiasi PMI Cabang Kota Cirebon yang menunjuk sekolahnya sebagai tuan rumah Jumbara PMR Kota Cirebon. Kegiatan ini, kata Wahyudin, digelar PMR untuk mengasah kemampuan anggota PMR supaya tanggap sosial.

“SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon dipilih sebagai tempat acara karena dianggap luas areanya. Apalagi peserta Jumbara diikuti dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK. Sudah dua kali kita gelar acara yang sama. Pertama, tahun 2017, waktu itu dibuka langsung oleh walikota Cirebon,” bebernya.

Dia berharap sukses sebagai penyelenggara. Bagi pihaknya, ini setidaknya bisa mengasah kemampuan anak-anak agar bisa aplikatif dalam pembinaan PMR. “Secara riil, PMR bisa menangani pemuda,” ujarnya.

Staf Bidang Organisasi dan Relawan PMI Kota Cirebon Sutomo menjelaskan, Jumbara dilaksanakan menggunakan konsep secara virtual. Tapi ada juga secara offline. Untuk kegiatan virtual, kata Sutomo, berupa penyampaian materi tentang PMR. Bentuknya lokakarya dan webinar. Sedangkan untuk offline, di antaranya latihan gabungan, dan konferensi forum remaja PMI.

Menurut Sutomo, acara inti kegiatannyaadalah lomba-lomba. Mulai mading kesehatan remaja, paduan suara, dan travelling PMR. Untuk travelling ini, ada pos-posnya. Yaitu pos gerakan palang merah, pos donor darah, pos pertolongan pertama, pos perawatan keluarga, dan pos kepemimpinan.

“Peserta lomba diikuti 300 orang. Peserta dari SD, SMP SMA atau Mula, Madya dan Wira” tandasnya.

2

Jumbara sebenarnya dilaksanakan sejak tanggal 13-19 November 2021. Khusus di SMA Islam Al-Azhar, digelar selama dua hari. Nanti, pada hari terakhir, ada pelantikan anggota PMR Kota Cirebn dan pelantikan pengurus forum remaja Palang Merah Indonesia Kota Cirebon. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait