Pelaksanaan ANBK di SDIT NSQ Berjalan Lancar

Jumat 19-11-2021,13:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq (SDIT NSQ) Kota Cirebon sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan serempak secara nasional. Sekolah dasar yang berada di Jalan Wiratama Tuparev tersebut menyelenggarakan ANBK selama dua hari, yakni Senin (15/11) dan Selasa (16/11).

Di SDIT NSQ, pelaksanaan ANBK dilakukan dengan sistem sesi atau gelombang dengan jumlah peserta tiap shift sebanyak 15 orang. Sesi pertama digelar dari pukul 08.00-10.00. Sementara sesi kedua berlangsung dari pukul 13.00-15.00. Jumlah pesertanya 30 orang.

“Jadi memang, yang mengikuti ANBK ini sudah ditentukan dari pusat (Kemendikbudristek). Tidak semua anak mengikuti. Hanya yang nama-namanya muncul saja yang ikut,” ungkap Sarini SPd, Wakil Kepala Sekolah SDIT NSQ Bidang Kurikulum kepada Radar Cirebon.

Sarini mengatakan, dari pelaksanaan ANBK nantinya, diperoleh informasi terkait mutu satuan pendidikan dari  belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter). Serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Hal ini berbeda dengan sebelumnya yang mengadopsi ujian semester yang menekankan pada capaian siswa dalam materi pelajaran yang telah diajarkan.

Sarini melanjutkan, di SDIT NSQ, jumlah komputer yang tersedia relatif mencukupi. Sehingga pelaksanaan ANBK cukup dua hari dengan peserta yang dibagi ke dalam dua shift. Sebelumnya, pihaknya juga telah menyiapkan segala sesuatunya, termasuk menunjuk tenaga proktor yang bertanggung jawab untuk mengendalikan server dan menyiapkan software untuk pelaksanaan ANBK.

“Untuk siswanya sendiri, kami juga sebelumnya sudah menggelar simulasi. Siswa juga sudah cukup terbiasa dengan penggunaan computer, sehingga tidak kaku lagi saat mengerjakannya,” jelasnya.

Sementara itu Proktor ANBK SDIT NSQ, Muhamad Oman Nurohman SPd mengatakan, secara umum, pelaksanaan ANBK di SDIT NSQ berjalan dengan lancar. Meskipun saat pelaksanaan simulasi beberapa waktu lalu, sempat terkendala dengan sedikit tersendatnya jaringan server dari pusat. “Tapi alhamdulillah, untuk pelaksanaan ANBK kali ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya. (awr/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait