Lebih Mudah Menjual Sampah Antusiasme Tinggi, Total Sampah Terkumpul 112 Kilogram

Rabu 01-12-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Program Sampah Berundian Emas mendapat respons positif dari masyarakat. Ini merupakan programRadar Cirebon Group dalam membantu Pemkot Cirebon menangani permasalahan sampah, terutama yang ada di pasar-pasar. Radar Cirebon Group bekerjasama dengan Toko Mas Pantes dan PD Pasar Berintan. Kemarin giliran di Pasar Perumnas.

Koordinator Bank Sampah Berundian Emas, Surya mengatakan Pasar Perumnas merupakan pasar ke-5 yang berkesempatan diadakan Grebeg Pasar. Dan, kata Surya, antusias dari para pedagang dan pengelola pasar sangat tinggi.

“Alhamdulilah hari ini (kemarin, red) kunjungan ke-5 di pasar-pasar yang ada di Kota Cirebon. Ini kolaborasi yang baik antara kami dan PD Pasar Berintan dan pengelola pasar. Hari ini kami mendapatkan 112 kilogram,” ungkap Surya.

Lebih lanjut Surya menjelaskan bahwa para penjual sampah sudah pasti akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah dan kupon undian yang nanti diundi setiap tanggal 15 dan berkesempatan memenangkan 1 gram emas untuk tiga orang pemenang.

“Kita menerima sampah-sampah seperti gelas plastik, kardus, kertas HVS, atau LKS punya anak-anak. Itu bisa dijual ke kita. Jual 1 kilogram dapat kupon plus uangnya,” terang Surya.

Cara menjualnya juga cukup mudah. Yakni dengan membawa sampah tersebut saat Radar Cirebon Group road show ke pasar-pasar setiap minggunya atau bisa datang langsung ke Radar Cirebon di Jalan Perjuangan Kota Cirebon.

Sementara itu, Kepala Pasar Perumnas Sugiyanto mengatakan  pihaknya menyambut baik program ini. Apalagi ditambah dengan adanya respons yang baik dari para pedagang di Pasar Perumnas.

2

“Karena ini baru, kami melihat mereka cukup antusias mengikuti dan mengumpulkan sampah di sini. Kami saja sampai mengerahkan satpam kami untuk membantu. Kelihatan dari banyak yang mengumpulkan dan menjualnya. Mudah-mudahan bisa berlanjut,\" tutur Sugiyanto.

Selain itu juga, dia menegaskan kegiatan Grebeg Pasar Berhadiah Emas tersebut juga merupakan langkah yang baik. Pasalnya, para pedagang tidak perlu jauh-jauh lagi menjual sampahnya. Sehingga, pihaknya berterimakasih kepada Radar Cirebon Group atas kehadirannya di Pasar Perumnas.

“Kalau saya ngobrol sama pedagang, lebih dimudahkan. Kami sangat berterimakasih sekali kepada Radar Cirebon. Kami bangga karena melihat antusiasme masyarakatnya juga tinggi. Jadi bukan hanya pedagang saja,” ungkap Sugiyanto.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh para pedagang. Salah satunya tidak menumpuknya sampah lagi di pojokan pasar tersebut. Sehingga, pasar terlihat rapi. “Mudah-mudahan terus bisa diadakan lagi,\" tuturnya.

Senada, Direktur Utama PD Pasar Berintan melalui Kasubid Pemeliharaan PD Pasar Berintan Asep Mugiyono mengungkapkan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Radar Cirebon Group. “Semoga lebih ditingkatkan lagi. Lebih banyak lebih bagus,” ungkap Asep Mugiyono. (jrl)

https://youtu.be/t88k1buKUHQ

Tags :
Kategori :

Terkait