Inggris Minta Jerman Mengekstradisi Warganya yang Dicurigai Mata-mata Rusia

Sabtu 04-12-2021,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

INGGRIS meminta Jerman untuk segera mengekstradisi mantan karyawan Kedutaan Besar Inggris di Jerman yang dicurigai sebagai mata-mata Rusia.

Pejabat Jerman mengkonfirmasi permintaan tersebut pada Jumat (3/12) seperti dilaporkan media setempat Der Spiegel. Saat ini, pemerintah Jerman sedang mempertimbangkan permintaan tersebut.

Kantor Jaksa Penuntut Umum Federal Jerman pada 11 Agustus lalu mengatakan bahwa  tersangka, yang diidentifikasi hanya sebagai David S, kedapatan menyerahkan dokumen yang ia peroleh saat bertugas kepada seorang agen Rusia. David kemudian menerima kompensasi atas \'pekerjaannya\' itu, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (3/12).

David kemudian ditangkap dan diamankan.

Kedutaan Rusia di Jerman dan Inggris mengatakan mereka tidak dihubungi oleh pemerintah masing-masing negara mengenai permintaan Inggrsi tersebut.

David, warga negara Inggris berusia 57 tahun itu bekerja sebagai satpam di kedutaan. Menurut jaksa, ia telah memberikan dokumen resmi ke sumber-sumber Rusia setidaknya sejak November 2020.

Jika klaim jaksa terbukti benar, David akan menjadi salah satu dari sejumlah agen Rusia yang baru-baru ini ditemukan di Jerman(rmol)

Tags :
Kategori :

Terkait