1 Tewas dan 48 Orang Alami Luka Bakar Akibat Erupsi Gunung Semeru, Kemungkinan Bertambah

Minggu 05-12-2021,01:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

LUMAJANG - Letusan Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, memakan korban tewas.

Menurut Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar, jumlah korban tewas saat ini satu orang.

Kemudian, dia juga melaporkan sepuluh orang lainnya belum bisa dievakuasi dari Dusun Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Selain 1 orang korban tewas, hingga saat ini sebanyak 48 warga tercatat dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit di Lumajang, Jawa Timur. Mereka umumnya mengalami luka bakar akibat guguran lava.

\"Data sementara yang tercatat ada 48 warga yang mengalami luka bakar. Jumlah ini masih sementara karena petugas masih mengevakuasi warga,\" ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lumajang dr Bayu Wibowo, Sabtu (4/12/2021).

2

Menurutnya, warga yang mengalami luka bakar mulai dari kategori ringan hingga berat.

Sementara, Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dengan meluncurkan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah. (jpnn)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait