Dua Tahun Vakum, Pekan Kebudayaan Kota Cirebon Kembali Dilaksanakan

Senin 06-12-2021,13:10 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, pekan kebudayaan daerah Kota Cirebon 2021 bakal kembali digelar.

Pada tahun 2021 ini, pekan kebudayaan Daerah Kota Cirebon 2021 akan dilaksanakan secara daring di medsos Youtube Budaya Cerbon mulai hari ini (6/12/2021) hingga Rabu (8/12/2021).

\"Ya, pembukaannya hari ini secara daring. Nanti pada acara penutupannya tanggal 8 Desember 2021 nanti ada acara Temu Topeng Cirebon secara tatap muka dengan menghadirkan para pewaris topeng Cirebon,\" ungkap Ketua panitia pelaksana Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran melalui Jajat Sudrajat sebagai Direktur Riset pekan kebudayaan daerah Kota Cirebon 2021 kepada radarcirebon.com, Senin (6/12/2021).

Jajat menjelaskan, pekan kebudayaan daerah Kota Cirebon 2021 tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan.

Kegiatan ini merupakan respon dari pemerintah daerah terhadap Pekan Kebudayaan Nasional atau sering dikenal dengan singkatan PKN yang merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagai wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.

Yang diwujudkan dengan cara menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.

2

Menurut Jajat, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan serangkaian aktivitas berjenjang dari desa hingga pusat yang terdiri atas kompetisi daerah, kompetisi nasional, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi, dan pergelaran karya budaya dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia.

Pekan Kebudayaan Daerah Kota Cirebon 2021 ini akan menampilkan pemutaran karya dokumenter dari Kebudayaan Kota Cirebon, talkshow dengan agenda utama Temu Topeng Cirebon.

Akan tampil di hari pertama secara daring  (6/12/2021) Adzan Pitu, musik kolaborasi, jemasan Keraton    Kasepuhan, lukis kaca Cirebon, pertunjukan teater pinangan, tabir Hlhati, sintren dan Tari Topeng.

Pada hari kedua (7/12/2021), lanjut Jajat, dilakukan secara daring yakni seni barongsai, sega bogana.

Kemudian topeng beling, tutorial kedok, wayang kulit dan macapat. Dan di hari ketiga (8/12/2021) yang juga secara daring yaitu seni lais, panjang jimat Keraton Kanoman, tari kendi, tarling klasik dan Tayuban.

Pekan Kebudayaan Daerah Cirebon ini akan dibukan secara daring oleh Wakil Wali Kota Cirebon Hj Eji Herawati pada pukul 13.00 WIB siang hari ini. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait