Hore! Capaian Vaksinasi Kota Cirebon Untuk Dosis Pertama 100 Persen

Senin 13-12-2021,22:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Sejak tanggal 5 Desember 2021, capaian vaksinasi Kota Cirebon sudah bisa mencapai target 100 persen.

Capaian vaksinasi Kota Cirebon ini lebih dari yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk dosis pertama.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi ditemui radarcirebon.com usai menggelar jumpa pers di Gedung Setda Kota Cirebon, Senin (13/12/2021) terkait capaian vaksinasi di Kota Cirebon.

\"Data di Dinas Kesehatan Kota Cirebon menyebutkan bahwa capaian vaksinasi sudah 100,13 persen, atau 262.540 jiwa, itu merupakan data capaian untuk vaksinasi dosis pertama,\" ungkapnya.

Sedangkan, lanjut Sekda, untuk vaksinasi dosis kedua, data menyebutkan capaiannya baru 76,62 persen atau 200.895 jiwa.

\"Ditambah dengan capaian vaksin booster atau vaksin ketiga untuk tenaga kesehatan sebanyak 3.552 jiwa atau 72,37 persen,\" imbuhnya.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Mul ini, pihaknya masih akan menyelesaikan vaksinasi dosis kedua.

2

\"Capaian tersebut baru untuk vaksinasi dosis pertama, sehingga saat ini tugasnya belum selesai, karena dosis kedua baru 76,62 persen,\" tuturnya.

Apabila melihat ruang lingkup Provinsi Jawa Barat, vaksinasi dosis pertama capaian ini memuaskan.

\"Kita pertama dan tertinggi se-Jawa Barat. Setelah itu Kota Bandung, tapi kita masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikejar yaitu dosis keduanya,\"ujar Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Cirebon ini.

Agus menyebutkan, Pemerintah Kota Cirebon kini bersiap untuk melakukan vaksinasi bagi anak-anak usia 6 hingga 11 tahun.

\"Kita sudah masuk dalam kategori daerah yang boleh melakukan vaksinasi untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun,\" sebutnya.

Rencananya, kata Gus Mul, Kemendagri akan memulai vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun ini pada tanggal 24 Desember 2021. \"Tapi kami (Pemkot Cirebon) masih menunggu petunjuk pelaksana (juklak) dan sinkronisasi data dulu dari pusat dan Disdukcapil Kota Cirebon, supaya pas divaksin masuk database,\" katanya.

Ditambahkan Agus, setelah juklak dan database sudah disinkronisasi, pihaknya akan segera melaunching vaksinasi untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tersebut. \"Pasti nanti kita launching,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait