RW 2 Karanganyar Gelar Pemilihan Secara Online

Rabu 15-12-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Kesambi melantik ketua RW 02 hingga RW 07, Kelurahan Kesambi, Kota Cirebon. Ada yang menarik dari pelantikan ketua RW 02 Karanganyar, Kelurahan kesambi, Jamiah (53). Dia terpilih sebagai ketua RW melalui pemilihan melalui internet. Warga yang memiliki hak pilih bisa menggunakan hak suaranya tanpa harus datang ke TPS. Tapi bisa langsung melalui aplikasi yang telah disediakan oleh panitianya.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 02 Karanganyar, Kelurahan Kesambi, Riyadul Jannah mengatakan, pemilihan dilakukan secara online, berbasis web, 5 Desember 2021 lalu. Bahkan saat pemilihan, pria yang akrab disapa Yayat itu menyebut, dihadiri DKIS dan KPU Kota Cirebon. Pemilihan ketua RW diikuti kontestan sebanyak empat orang. Terpilihlah Jamiah, yang juga incumbent, berhasil meraih 206 suara dari total 405 suara.

“Yang tidak memilih hanya 17. Partisipasi warga menggunakan hak pilih mencapai 97 persen,” terang Riyadul Jannah.

Yayat mencontohkan, ada warga yang menjadi Kapolsek, tapi saat pemilihan, yang bersangkutan memilihnya langsung dari kantor Polsek. “Jadi siapapun bisa melihat lewat internet,” kata Yayat.

Eka Saripudin, selaku sekretaris panitia, menambahkan, pemilihan berbasis web ini baru pertama di Kota Cirebon. Sistem ini akan menjadi pilot project, karena aman dan data disimpan dengan baik. Pemilihan, kata Eka, dimulai dari  pukul 07.00-14.00. Panitia menyediakan panduan, termasuk password. Setiap pemilih punya akun. Dikasih user dan password. “Pilihan tidak bisa diketahui panitia maupun orang lain,” tegasnya. “Salah satunya RW 02, jadi pilot project pemilihan via online 100%, alhamdulillaah sukses,” ucapnya.

Ketua RW 02, Jamiah mengatakannya, dirinya terpilih kedua kalinya. Program RW selama ini terhalang pandemi. Dirinya berharap tahun 2022 program-programnya bisa terealisasi. “PR besar kami adalah pengaspalan, saluran air dan PJU. Banyak jalan rusak di empat titik, termasuk jalan utama. Saluran air ada bantaran Kali Cipagu, kendalanya sering mampet dan sering banjir,” bebernya.

PJU penting di RW 02. Kebutuhannya 15 PJU. Apalagi RW 02 terkenal sebagai kampung WiFi. Bisa memberdayakan anak muda menambah omzet degan cara berwirausaha. “Alhamdulillah pemilihan ketua RW sukses. Partisipasi warga hingga 97 persen. Biaya lebih murah, tanpa surat suara, tanpa bilik suara. Malah kerja di Brebes menggunakan hak pilihnya dari Brebes. Termasuk warga yang kerja di Bekasi, juga menggunakan hak pilihnya dari Bekasi. Malah ada dari Kalimantan,” pungkasnya. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait