5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Jahe

Kamis 16-12-2021,05:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAHE selain digunakan untuk kebutuhan memasak, juga dikenal khasiatnya untuk menurunkan berat badan. Berikut cara menurunkan berat badan dengan jahe dan bahan yang dapat dikombinasikan ketika mengonsumsi jahe.

Berbagai studi melaporkan bahwa jahe mampu mengurangi peradangan dan melancarkan proses cerna makanan, merujuk Healthline.

Senyawa gingerol dan shogaol yang terkandung dalam jahe disebut memiliki efek anti-obesitas, menekan nafsu makan, dan mengendalikan kadar gula darah, yang semuanya berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Penelitian lain menunjukkan, mengonsumsi jahe saat diet secara teratur dapat meluruhkan lemak perut secara signifikan. Tak heran, cara menurunkan berat badan dengan jahe ini dinilai efektif selama diimbangi dengan olahraga dan pola makan yang benar.

Secara umum, jahe aman dikonsumsi bagi orang dengan kondisi sehat. Cara mengonsumsi jahe untuk diet biasanya diracik sebagai minuman.

2

1. Teh jahe

Cara membuat teh jahe cukup sederhana. Ambil jahe seukuran jari kelingking, kemudian cincang dan rebus ke dalam 150 mililiter air mendidih selama 5-10 menit, lalu saring sebelum diminum.

2. Jahe dan cuka apel

Cara membuatnya, seduh jahe dengan air panas dan biarkan sampai hangat sebelum menambahkan cuka apel. Sebab air yang terlalu panas dapat membunuh probiotik di cuka apel.

3. Minum jahe dan lemon

Cara Gabungan rebusan air jahe dengan perasan lemon ini dapat diminum sebanyak dua atau tiga kali sehari dalam gelas berukuran sedang.

4. Jahe dan teh hijau

Cara Perpaduan seduhan teh hijau hangat dengan jahe ini dapat mempercepat penurunan berat badan dan relatif aman untuk diminum. Batasan mengonsumsi jahe dan teh hijau ini cukup satu sampai dua kali saja dalam sehari.

Tags :
Kategori :

Terkait