PNM Resmikan Bank Sampah

Kamis 16-12-2021,11:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) membuka sekaligus meresmikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa bank sampah di RW 07 Kayuwalang, Kelurahan Karyamulya, Selasa (14/12).

PKU PNM bekerja sama dengan Pemkot Cirebon dan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kayuwalang hadir mengedukasi masyarakat. Khususnya nasabah binaan PNM dalam pengelolaan sampah. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu nasabah sekitar lokasi bank sampah untuk dapat ikut serta menjaga lingkungan sekitar, dan juga mendapat pemasukan dari pengelolaan sampah tersebut.

Serta sebagai bukti tanggung jawab sosial dan lingkungan sekitar di mana perusahaan berdiri. Pembukaan dan peresmian bank sampah dihadiri Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati, Pemimpin Cabang PNM Cirebon Irmana, Ketua Kampung KB Kayuwalang Taiman, serta jajaran unsur Pemkot Cirebon lainnya.

Sampah yang disetor dari warga akan dijual juga kepada pengepul sampah. Pengumpulan sampah pada bank sampah tersebut ditukar dengan uang yang akan disimpan sebagai tabungan bersama untuk digunakan oleh kepentingan bersama sesuai kesepakatan warga setempat.

Pelatihan juga diberikan PNM kepada nasabah dan warga sekitar. Seperti daur ulang sampah yang bisa dijadikan kerajinan tangan yang bisa menjadi barang layak jual.

Sebagai informasi, hingga 13 Desember 2021, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp102,39 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 10,9 juta orang. Saat ini PNM memiliki 2.985 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Kesempatan Selasa kemarin (15/12), PT PNM juga membuka sekaligus meresmikan program TJSL berupa ruang pintar “Siti Aisyah” di Ruang Serbaguna PAUD Siti Aisyah Desa Curug, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon. PNM bekerja sama dengan pemerintah desa setempat.

2

Pembukaan ruang pintar “Siti Aisyah” bertujuan untuk memberikan akses pendidikan kepada anak-anak di lingkungan sekitar serta untuk lebih mengenalkan produk dan menjalankan program TJSL PNM kepada masyarakat sekitar agar meningkatkan nilai bisnis PNM secara keseluruhan.

Pembukaan sekaligus peresmian ruang pintar dihadiri Pimpinan Cabang PNM Cirebon Irmana beserta jajarannya, Kuwu Desa Curug Siti Kurmiati, Penilik PAUD Kecamatan Susukan Lebak Dra Hj Titin Mutinah dan 30 anak nasabah PNM maupun masyarakat sekitar. (ade/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait