Menkeu Sri Mulyani Klaim Angka Pengangguran Turun 6,19 Persen

Jumat 17-12-2021,07:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengklaim, bahwa angka pengangguran di Tanah Air turun 6,19 persen dari tahun sebelumnya 7,07 persen pada Agustus 2020. “Setelah peningkatan 7,07 persen untuk tingkat pengangguran pada Agustus 2020 lalu, angka pengangguran sekarang menurun menjadi 6,19 persen,” kata Sri dalam Indonesia Economic Prospect Launch, Kamis (16/12/2021).

Selain turunnya angka pengangguran, Sri juga mengklaim, pemerintah berhasil menciptakan 2,1 juta pekerjaan baru di pasar tenaga kerja.

“Pemerintah tidak hanya ingin memulihkan pertumbuhan ekonomi saja, melainkan juga ingin meningkatkan jumlah lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan,” imbuhnya.

Sri mengaku yakin, pada tahun depan perekonomian Indonesia akan kembali pulih. Ia pun berharap pertumbuhan ekonomi pada 2022 akan kembali di atas 5 persen.

“Dengan desain kebijakan yang telah dibentuk pemerintah untuk memulihkan kondisi ekonomi dari pandemi, kita akan terus pulih sepanjang 2022 mudah-mudahan di atas 5 persen,” ujarnya.

Sri mengungkapkan, pemerintah akan menggelontorkan 5,2 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk merangsang pertumbuhan ekonomi pada tahun depan.

“Kebijakan fiskal masih sangat menjadi hal yang penting untuk dilakukan di tengah pandemi,” pungkasnya. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait