323 Atlet Tarung Derajat Berlaga di Kota Cirebon

Minggu 19-12-2021,15:14 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

CIREBON – Pengurus Daerah (Pengda) Tarung Derajat Provinsi Jawa Barat kembali mengadakan Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Kota Cirebon, Minggu-Kamis (19-23/12). Tercatat 26 perwakilan kota/kabupaten turut mengikuti BK Porprov tersebut yang diadakan di GOR Bima, Kota Cirebon. Dengan total peserta mencapai 323 atlet.    

Turut hadir dalam upacara pembukaan yang diadakan pada Senin (20/12), Sang Guru Achmad Dradjat atau yang acap kali disapa AA Boxer didampingi Sang Guru Rimba Dirgantara Drajat, Ketua Umum Pengda Tarung Derajat Provinsi Jabar Dr Ir H Yerry Yanuar MM didampingi Ketua Pengcab Tarung Derajat Kota Cirebon Jafarudin.

Dalam keterangannya, Yerry Yanuar mengatakan pelaksanaan BK Porprov ke XIV tersebut merupakan rangkaian untuk mencari atlet-atlet terbaik yang nantinya akan mewakili Jabar dalam ajang PON atau ajang liga nasional lainnya.  “Ini juga dikaitkan dengan kemampuan pribadi dari hasil yang selama ini dilatih,” tutur Yerry.

Selain itu, terdapat juga pesan moral dari Sang Guru AA Boxer yang menyampaikan bukan dari teknis saja, tapi lebih dari aspek, kesadaran, kecerdasan, dan kesantunan. “Ini menjadi napas kita. Hakekatnya kita ingin menampilkan prestasi bukan menang atau kalah. Ini ajang silaturahmi untuk meningkatkan prestasi,” jelasnya.

Setidaknya 323 atlet tersebut terbagi ke dalam dua jenis kelas yakni nomor tarung dan seni gerak. Mempertandingkan 19 nomor, yaitu nomor tarung putera diikuti 142 atlet, nomor tarung puteri diikuti 71 atlet, dan seni gerak terdiri dari 4 nomor. 

Ophie Wijaya selaku ketua panitia pelaksana BK Porprov mengungkapkan bahwa seluruh atlet yang menjadi peserta BK Porprov Jawa Barat XIV sudah melakukan cek kesehatan. “Semua atlet melakukan swab antigen dan 100 persen hasilnya negatif. 323 atlet juga sebelumnya melakukan medical check up saat timbang badan tidak ada yang gugur, semua berat badan atlet sesuai dengan kelas yang dipertandingkan,” paparnya.

Untuk atlet yang masuk babak utama Porprov Jawa Barat XIV mereka yang berhasil lolos masuk babak 8 besar. “Pertandingan sendiri dipantau langsung oleh pengawas pertandingan yaitu Sang Guru Rimba Dirgantara dan untuk inspektur pertandingan yaitu Guru Noves serta Guru Mulyadi. Sementara untuk wasit dan juri ada sebanyak 31 orang yang merupakan perwakilan dari tiap pengcab,” tambahnya Ophie yang juga Ketua Dewan Pelatih Kota Cirebon.

2

Sementara itu, Ketua Pengcab Tarung Derajat Kota Cirebon, Jafarudin mengungkapkan, pihaknya akan melaksanakan Porprov XIV di Kota Cirebon. Sehingga, hal tersebut menjadi berkah tersendiri bagi atlet Kota Cirebon karena dapat langsung menuju ke final.

“Keuntungan tuan rumah kita langsung ke final di porprov. Kita hanya menjadi pelaksana. Jadi, kita lebih intensif merebutkan emas nantinya di porprov,” katanya.

Lebih lanjut, berkaitan dengan kesiapan atlet, Jafar mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan atlet untuk 16 nomor pertandingan. “Mudah-mudahan bisa menjadi andalan dua emas, target itu realistis dengan harapan ada peluang lainnya untuk meraih di kelas lainnya,”tutupnya. (jrl/asd/opl/mid)

Tags :
Kategori :

Terkait