MAN 1 Cirebon Pilot Project Zona Integritas

Selasa 21-12-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - MAN 1 Cirebon dipilih Kementerian Agama RI sebagai pilot project zona integritas. Karena itu, madrasah yang berlokasi di Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, ini meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk memberikan pelayanan secara aman, nyaman, cepat, akurat dan konsekuen.

\"Alhamdulillah MAN 1 Cirebon dipercaya Kementerian Agama sebagai pilot project madrasah zona integritas. Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Karena tuntutan itu makannya MAN 1 Cirebon harus punya PTSP,\" ungkap Kepala MAN 1 Cirebon Jaja Harja Nugraha usai peresmian, Senin pagi (20/12).

PTSP melayani beragam keperluan surat-menyurat. Baik itu yang menyangkut keperluan guru, siswa, orang tua siswa, dan civitas sekolah lainnya. Secara satu pintu. Seperti melayani kebutuhan siswa untuk melegalisir ijazah, membuat surat kelakuan baik, hingga surat-menyurat siswa yang akan pindah/masuk dari/ke MAN 1 Cirebon.

\"Melalui PTSP diharapkan pelayanan kami menjadi lebih baik lagi dan maksimal dari sebelumnya. Sehingga mereka bisa mengakses pelayanan dengan lebih mudah, lebih nyaman. Dan MAN 1 ini bisa melayani dengan sepenuh hati. Artinya sesuai dengan keinginan,\" tutur Jaja.

Untuk menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK), MAN 1 Cirebon wajib memenuhi enam kategori dasar penilaian. PTSP sendiri masuk sebagai kategori standar pelayanan. Lima indikator lainnya adalah: manajemen perubahan, penataan tata laksana, sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan pengawasan.

Di setiap indikator/kategori dibentuk sebuah tim untuk mensukseskan program yang dijalankan. MAN 1 Cirebon telah mempersiapkan semua sejak Maret 2021. Selasa (28/12) mendatang, kelengkapan indikator tersebut akan dilakukan submit ke sistem Kementerian Agama. Selanjutnya akan ditindaklanjuti untuk dilakukan survei ke layanan WBK di sekolah setempat.

PTSP MAN 1 Cirebon beroperasi setiap hari. Kecuali Minggu. Buka mulai pukul 07.30. Senin-Kamis melayani hingga pukul 15.00. Dan Jumat hingga pukul 11.00, Sabtu hingga 14.00. Website MAN 1 Cirebon bisa diakses melalui link: mansatucirebon.sch.id. (ade/opl/adv)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait