Kawasan Industri Losari, Bupati Imron: Warga Jangan Patok Harga Tanah Diluar Standar

Selasa 21-12-2021,20:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Bupati Cirebon Drs H Imron MAg memimpin rapat terkait rencana pembangunan kawasan industri di Ruang Paseban, Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cirebon, Selasa (21/12/2021).

Dalam rapat tersebut, hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon Mohamad Luthfi MSi. Kemudian, Kajari Cirebon Hutamrin SH MH, Direktur PT Kawasan Industri Cirebon (KIC) Joko Prabowo dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam rapat tersebut, Bupati Cirebon menyambut baik adanya rencana PT KIC yang bakal membangun kawasan industri di Kecamatan Losari.

Menurutnya, hal itu berkaitan dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

\"Kami meminta masyarakat di Kecamatan Losari yang berniat menjual tanah untuk lokasi dan tidak menaikkan harga di luar standar,\" kata Imron.

Imron mengungkapkan, investor yang akan melakukan ekspansi di Kabupaten Cirebon harus memperhatikan kondisi lingkungan.

Sebab, wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur, lanjut Imron, ada beberapa titik yang sering banjir. Baik dari luapan sungai dan banjir rob dari laut Jawa. \"Konsultasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup,\" ungkapnya.

2

PT KIC berencana membangun sebuah lokasi untuk pabrik-pabrik di wilayah Kecamatan Losari, perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Sementara, Direktur PT KIC, Joko Prabowo mengatakan, alasan membangun di Kecamatan Losari, lantaran memiliki kemudahan akses baik jalur darat maupun laut.

Selain itu, wilayah tersebut masuk ke dalam kawasan segitiga emas rebana.

\"Kabupaten Cirebon di wilayah timur masuk ke dalam proyek strategis. Ini menjadi salah satu alasan kami,\" kata Joko.

Joko menambahkan, untuk kebutuhan pembangunan kawasan industri di Losari membutuhkan lahan seluas 4.100 hektar.

Ia berharap, warga yang ingin menjual tanahnya untuk kebutuhan kawasan industri, tidak mematok harga di luar standar.

Sebelumnya, Pihak PT KIC pernah membangun kawasan industri di berberapa wilayah Indonesia, antara lain Jababeka, Morotai, Kendal, serta Tanjung Lesung.

Sementara, nilai investasi untuk pembangunan kawasan industri tersebut, PT KIC masih menghitung. \"Kalau sudah ada nilainya, pasti kami sangat terbuka,\" pungkasnya. (jun)

Tags :
Kategori :

Terkait