Jalan Raya Bukan Tempat Bermain, Dishub Kab Cirebon: ke Sekolah Jangan Bawa Motor

Selasa 21-12-2021,22:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Belasan pelajar tingkat SMA di Kabupaten Cirebon mengikuti Sosialisasi Keselamatan Bahaya di Jalan Raya.

Kegiatan sosialisasi yang digelar Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon tersebut berlangsung di salah satu hotel Jl Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/12/2021).

Pada kegiatan tersebut, para pelajar ini diberikan edukasi dan pemahaman tentang keselamatan dan bahaya di jalan raya. 

Polresta Cirebon memberikan materi mengenai kecelakaan lalu lintas dan kepatuhan rambu rambu serta lainnya. Sedangkan pemateri dari PT Jasa Raharja Cabang Cirebon tentang asuransi jika terjadi kecelakaan.

Eddy Suzendi selaku Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kabupaten Cirebon kepada radarcirebon.com usai kegiatan mengungkapkan,  kegiatan sosialisasi tersebut merupakan agenda rutin untuk mengedukasi para pelajar.

\"Karena masih situasi pandemi Covid-19, kita hanya mengundang perwakilan pelajar tingkat SMA maupun sederajat di Kabupaten Cirebon. Biasanya, sebelum pandemi kita lakukan sosialisasi dengan mendatangi ke sekolah-sekolah se-Kabupaten Cirebon,\" ungkapnya.

Eddy menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan memberikan edukasi untuk mengurangi kecelakaan. Serta menyadarkan dan menumbuh kembangkan rasa tanggung jawab terhadap dirinya maupun keselamatan orang lain.

2

\"Jadi, anak-anak usia dini ini kita berikan edukasi tentang aturan lalu lintas. Sehingga mereka memahami bahwa di jalan itu banyak sekali risiko dan bahayanya. Dan, juga agar mereka paham bahwa jalan itu bukan tempat untuk bermain,\" jelasnya.

Ketua Dewan Kode Etik Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) ini mengibau kepada guru dan orang tua, agar putra-putrinya untuk menumpang angkutan umum jika pergi ke sekolah.

\"Kami mengingatkan bahwa putra-putri mereka belum saatnya untuk membawa sepeda motor. Alangkah baiknya kalau menyuruh anak-anak mereka untuk menggunakan kendaraan angkutan umum. Atau minimal diantar oleh orangtuanya saat ke sekolah,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait