Ridwan Kamil Jamin Keamanan Ibadah Natal

Kamis 23-12-2021,14:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil memimpin Apel Gelar Pasukan TNI/Polri dalam rangka kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (23/12). Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil memastikan, berdasarkan situasi laporan terkait situasi keamanan, pelaksanaan ibadah Natal di wilayah Jabar akan aman dan kondusif.

\"Insya Allah Jawa Barat sedang sangat kondusif sehingga dipersilahkan warga Kristiani melaksanakan Natal dengan aman dan tenang. dijamin 1000 persen keamanannya oleh negara,\" ucap Emil, sapaan akrabnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memperketat penggunaan ruang publik dan tempat wisata dari potensi kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19 yang belum selesai serta ada ancaman Umicron.

\"Sesuai edaran Menteri Agama agar ibadah digelar secara hibrid dan kapasitas 50 persen. Mudah-mudahan ini dipahami dipatuhi tanpa mengurangi kehikmatan kita dan mereka yang sedang beribadah,\" katanya.

Disamping itu, pihaknya juga memprediksi terjadinya pergerakan masyarakat saat perayaan tahun baru. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya sudah menyiapkan pos-pos keamanan di berbagai titik strategis.

\"Kemudian juga dikombinasikan dengan random antigen untuk memastikan yang berpergian itu aman, kemudian juga ada vaksinasi yang sifatnya situasional dilakukan,\" ungkapnya. Sesuai arahan dari Kapolri selama menjelang tahun baru untuk mengurangi potensi kehadiran kerumunan, pihaknya mengimbau ruang publik dan alun-alun untuk ditutup sementara.

\"Juga kita akan mengetatkan di pusat-pusat wisata untuk memastikan aplikasi Peduli Lindungi benar-benar digunakan sebagai dasar untuk menseleksi orang-orang yang punya potensi Covid bisa di-screening melalui aplikasi tersebut, juga karena sudah melakukan vaksin kurang lebih 2 kali,\" tandasnya.(rmol)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait