PMI Kota Cirebon Bergerak ke Gunung Semeru

Kamis 23-12-2021,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur membawa duka yang mendalam. Untuk membantu saudara yang terkena musibah erupsi Gunung Semeru, PMI Cabang Kota Cirebon bergerak menuju Gunung Semeru mengirimkan bantuaan Kemanusiaan.

Tidak hanya itu, PMI Kota Cirebon juga mengirimkan 4 relawan membantu selama di Lumajang.

Pengiriman bantuan dibantu oleh TNI menggunakan truk milik TNI dengan 2 personel dari Yonif R 321/GT pada Rabu (22/12).

Hadir pada acara pelepasan pengiriman bantuan kemanusiaan erupsi Gunung Semeru,  Wakil Walikota Dra Hj Eti Herawati, Sekda Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi, Sekretaris Umum PMI dr Toat, Pengurus PMI Sumarni MPd, Selamet. Kemudian, Anggota DPRD dari Komisi III Andi Riyanto Lie, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Sutisna MSi, serta Direktur RSD Gunung Jati dr Katibi.

Ketua PMI Cabang Kota Cirebon, Dr H M Edial Sanif SpJP FIHA mengatakan, bencana alam erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur mengakibatkan kerugian material dan korban nyawa.

Oleh karena itu, kata Edial, PMI Cabang Kota Cirebon langsung bergerak mendirikan posko bantuan kemanusiaan.

Dan selama kurun waktu 10 hari menggalang bantuan kemanusiaan. Diakuinya, berbagai kalangan memberikan donasi terbaiknya melalui PMI, baik berupa uang, makanan, pakaiaan dan lain-lain.

2

“Hari ini (kemarin) PMI Kota Cirebon bergerak ke Lumajang. Mari bergerak bersama untuk sesama, ” tegas Edial.

Edial membeberkan, selama pengiriman bantuan ke Lumajang, PMI mengirimkan 4 personel relawan untuk membantu selama di Lumajang, kemudian dibantu 2 personie anggota TNI dari Yonif R 321/GT. “Setidaknya mereka akan menempuh perjalanan selama 15 jam ke Lumajang,” ungkapnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cirebon yang selama ini terus memberikan support terhadap berbagai misi kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI.

“Terima kasih kepada walikota, wakil walikota, sekda yang terus mendorong PMI untuk terus bisa berkontribusi dalam bidang kemanusiaan khususnya ke daerah terdampak bencana,” ujar Edial.

Sementara itu, Wakil Walikota Dra Hj Eti Herawati mengapresiasi PMI yang luar biasa menggalang bantuan kemanusiaan untuk korban erupsi Gunung Semeru.

Karena itu, kata Eti, atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon, pihaknya bersyukur dan berterima kasih kepada ketua PMI yang sungguh luar bisa membantu warga di Gunung Semeru. “Bantuan ini setidaknya meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Eti.

Wawali juga berharap, Kota Cirebon aman, banjir dan rob di wilayah pesisir yang selama ini terjadi. “Pada musim hujan saat ini mudah-mudahan bisa terdeteksi sejak awal,” harapnya. (abd/adv)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait