SIMANIS, Aplikasi Informasi Seputar Jawa Barat Selama Nataru, Begini Cara Mengunduhnya

Jumat 24-12-2021,03:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

BANDUNG - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sedang menyiapkan aplikasi SIMANIS (Sistem Informasi Jalan dan Wisata). Aplikasi tersebut disiapkan untuk menghadapi momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat,  Koswara menjelaskan, aplikasi SIMANIS memuat informasi-informasi bagi pelaku perjalanan darat selama Nataru. Mulai dari lokasi wisata, kapasitas pengunjung lokasi wisata terkini, situasi lalu lintas, sampai kebijakan terkait.

\"Aplikasi ini hasil kolaborasi Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perhubungan dan pengelola jalan tol. Ini menjadi panduan untuk warga pelaku perjalanan darat saat Nataru,\" jelas Koswara di Kota Bandung, Kamis (23/12/2021).

Menurutnya, informasi dan data dalam SIMANIS rutin diperbarui dari berbagai sumber, seperti pengelola wisata, Disparbud, dan Jasa Marga.

Selain itu, aplikasi ini akan memuat data jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol yang mengarah ke sejumlah daerah tujuan wisata di Jawa Barat.

\"Ada sekitar 8 exit tol yang mengarah ke wilayah Jawa Barat. Dengan begitu, ini bisa membantu masyarakat mengambil keputusan dalam perjalanan,\" katanya.

Aplikasi ini sudah diujicoba pada Rabu (22/12/2021). Ujicoba ini untuk melihat sejauh mana aplikasi tersebut berfungsi secara optimal.

2

Koswara menyatakan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat berharap masyarakat tidak bepergian ke luar kota apabila tidak ada kepentingan mendesak. Pasalnya, potensi penularan Covid-19 masih ada.

Jika terdesak harus melakukan perjalanan jarak jauh, Koswara mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sekaligus, menyiapkan persyaratan perjalanan, seperti vaksinasi dosis lengkap dan hasil swab test antigen ataupun PCR.

 \"Dan jangan lupa manfaatkan fasilitas informasi dari aplikasi yang kami sediakan sebelum melakukan perjalanan,\" ucapnya.

Adapun link untuk mengakses aplikasi ini, yakni http://dishub.jabarprov.go.id/simanis. (jun)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait