Perguruan Tinggi di Jawa Barat Harus Lahirkan SDM Berkualitas

Jumat 24-12-2021,05:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengajak perguruan tinggi untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Ajakan tersebut disampaikan Setiawan saat membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Kerja Sama Tri Dharma Perguruan Tinggi di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/12/2021).

Sebanyak 35 perguruan tinggi hadir langsung dalam rakor tersebut, sedangkan 115 perguruan tinggi mengikuti rakor secara virtual.

Menurut Setiawan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum memiliki lima misi. Salah satunya, melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas, bahagia dan produktif melalui peningkatan pelayanan publik yang inovatif.

\"Tentu saja dari lima ini, empat adalah menyangkut SDM. Yang secara esklusif dalam misi yang kedua manusia yang berbudaya, itu memang terkonsentrasi di manusianya. Tetapi, yang empat lainnya itu adalah betul-betul dijalankan oleh SDM yang unggul di Jawa Barat ini,” kata Setiawan.

Setiawan menuturkan, pembangunan manusia harus dilakukan secara komprehensif untuk menghadapi bonus demografi pada 2035 mendatang.

“Jadi jangan sampai meleset, bahwa seharusnya usia produktif memang lebih besar dari usia yang tidak begitu produktif,” ucapnya.

2

Selain itu, Setiawan pun mengajak komunitas kampus untuk turut berkontribusi menekan angka kasus stunting di Jawa Barat.

“Jadi, untuk masalah stunting barangkali juga harus dilakukan ramai-ramai. Jadi, tidak mungkin hanya oleh pemerintah. Oleh karena itu, kami melibatkan berbagai mitra baik dari BUMN, BUMD, mitra-mitra perangkat daerah,\" ucapnya.

“Ini hal-hal yang perlu barangkali teman-teman kampus melalui MoU dengan Jawa Barat ini bisa membantu sejauh itu dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” imbuhnya. (jun)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait