Diguyur Hujan Deras Berminggu-minggu, Dua Bendungan di Brasil Jebol

Senin 27-12-2021,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BRASIL yang diguyur hujan lebat selama berhari-hari, akhirnya harus menderita banjir hebat terlebih ketika dua bendungan jebol pada Sabtu malam (25/12).

Jebolnya Bendungan Igua, di sungai Verruga dekat kota Vitoria da Conquista di Bahia selatan, memaksa pihak berwenang mengevakuasi penduduk, terutama di kota Itambe. Sungai-sungai yang sudah meluap karena guyuran hujan, semakin tidak mampu lagi menampung jebolan air dari bendungan.

Aliran air pun membanjiri kota-kota di sekitar. Beberapa infrastruktur rusak, seperti jalanan, jembatan, dan rumah penduduk.

Air juga meluap menuju pantai di Itabuna, sebuah kota berpenduduk 200.000 jiwa. Tim pemadam kebakaran menyelamatkan penduduk yang terperangkap di rumah mereka di pusat kota itu, yang terendam air sejak Minggu dini hari, seperti dilaporkan Reuters.

Penduduk yang menderita karena musibah itu mengatakan mereka benar-benar melihat air di mana-mana dengan arusnya yang deras dan mengerikan.

Gubernur Bahia Rui Castro menyatakan sedikitnya 400.000 orang terkena dampak hujan lebat dan ratusan keluarga dari 67 kota telah dievakuasi.

“Ribuan orang harus mengungsi karena di beberapa titik air naik satu atau dua meter, bahkan tiga meter,” katanya kepada wartawan.

2

Hujan deras selama dua bulan telah menyebabkan 18 kematian di Bahia sejak awal November, menurut petugas perlindungan sipil.

Di ibu kota negara bagian Salvador, petugas iklim menyatakan curah hujan bulan Desember enam kali lebih baik daripada biasanya.(rmol)

BACA JUGA:

Keluarga Salsabila dan Handi Dikunjungi KSAD, Ayah Korban Bilang Begini

·  Kuwu Desa Tenjomaya Ciledug Diduga Korupsi Dana Desa dan BLT, Jadi Tersangka di Polresta Cirebon

Tags :
Kategori :

Terkait