Selama Pandemi, Penerapan Kurikulum Darurat Covid-19 Direspons Positif

Selasa 28-12-2021,15:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SELAMA masa pandemi Covid-19, satuan pendidikan diberikan opsi untuk memilih kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuat modul pembelajaran untuk guru dan orang tua guna mempermudah pendampingan belajar selama masa pandemi.

Dalam kegiatan pemantauan dan evaluasi yang berlangsung di Provinsi Jawa Timur, penerapan Kurikulum Darurat mendapatkan respons yang positif dari guru, orang tua, dan pegiat literasi. Kurikulum Darurat dianggap mampu membantu praktik pembelajaran karena fokus pada materi esensial sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan alokasi waktu yang cukup di masa pandemi.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Batuan Mariyatul Kiptiyah, mengungkapkan adanya kemudahan dalam penerapan Kurikulum Darurat karena memanfaatkan penggunaan modul untuk orang tua selama pembelajaran di masa pandemi.

“Terdapat beberapa perbedaan signifikan antara Kurikulum Darurat dengan Kurikulum 2013, terutama terkait pengadaan modul untuk orang tua. Modul tersebut sangat bermanfaat bagi orang tua dalam mendampingi anaknya saat belajar di rumah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12).

Menurut Mariyatul, Kurikulum Darurat sangat membantu praktik pembelajaran guru karena fokus pada materi esensial sehingga membuat pembelajaran dapat dilakukan dengan alokasi waktu yang cukup. Guru jadi tidak perlu terburu-buru dan berkejaran dengan waktu untuk sekadar menuntaskan materi.

“Guru menjadi lebih leluasa untuk melakukan pendalaman materi. Kelebihan lain dari Kurikulum Darurat ialah adanya asesmen diagnostik. Asesmen ini memungkinkan guru mengetahui model dan kemampuan siswa dalam belajar. Maka, asesmen ini dapat membantu guru dalam mengajar sesuai dengan kemampuan para siswa,” katanya.(jp)

BACA JUGA:

2

·  Vaksinasi Anak di Kota Cirebon, Target 31.408, Selesai Februari

·  Di Rest Area Tol Palikanci Ada Pemeriksaan Kartu Vaksin dan Rapid Test Antigen, Ini Hasilnya

Tags :
Kategori :

Terkait