Perluasan Kota Cirebon, Sekda: Warga Tuparev, Tangkil, Lebih Dekat ke Mana Pusat Kotanya

Kamis 30-12-2021,12:40 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Perluasan Kota Cirebon yang mengambil 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Cirebon masih jadi perbincangan hangat. Kendati dinamika masyarakat sesungguhnya sudah sangat cair di perbatasan.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, perluasan wilayah Kota Cirebon memang masih sebatas wacana. Tetapi, itu merupakan bahan diskusi serius yang harus dibahas.

\"Pemda sangat mendukung, karena peran pentingnya mendekatkan masyarakat,\" kata sekda, kepada radarcirebon.com, Kamis (30/12/2021).

Dikatakan dia, sesungguhnya masyarakat di perbatasan kini lebih banyak mengakses fasilitas pendidikan maupun kesehatan di Kota Cirebon. Itu adalah dinamika yang terjadi di lapangan.

\"Masyarakat Tuparev, Tangkil lebih dekat ke mana pusat kotanya? Teman-teman di Tangkil wilayah perbatasan lebih memanfaatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan ke kota,\" katanya.

Meski menilai perluasan wilayah ini baru sekadar wacana, tetapi sekda menekankan, bahwa ini menjadi bahan diskusi yang bisa ditindaklanjuti secara serius.

\"Intinya, bagaimana mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,\" tandasnya.

2

Pembahasan terkait wilayah admninistratif ini, kata dia, perlu dilakukan komprehensif.

Sebab, perubahan itu juga akan berdampak kepada lainnya, seperti wilayah Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon, wilayah Kodim 0614, sampai dengan Pengadilan Negeri (PN).

\"Intinya adalah bagaimana perubahan dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan perundang-undangan,\" tuturnya.

Kembali ke konteks rapat di DPRD yang memunculkan wacana ini, memang terjadi di audiensi dengan Polres Cirebon Kota.

Kepolisian memiliki 5 kecamatan wilayah hukum di kota dan 6 di kabupaten.

Sampai kemudian munculah wacana tersebut, karena kota hanya memiliki luas wilayah 39,4 kilometer persegi.

Di sisi lain, perkembangan dinamika masyarakat, warga di perbatasan lebih masuk ke pelayanan di kota untuk pendidikan, kesehatan. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait