Walikota Resmikan Kantor LKBH Bibit Cirebon

Rabu 05-01-2022,10:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Selasa (4/1/2022), Walikota Cirebon Drs Nashrudin Azis SH meresmikan kantor Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Bibit Cirebon, serta Kantor Pengacara, Mediator dan Konsultan Hukum Advokat Qorib SH MH CIL CMe serta rekan. Lokasinya di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di samping Terminal Harjamukti, Kota Cirebon.

Sebagai Direktur Eksekutif Qorib menjelaskan, peresmian kantornya bertepatan dengan ulang tahun ke-11 dari LKBH Brigade Bintang Timur (Bibit) Cirebon. Di mana, LKBH Bibit Cirebon sudah berdiri sejak 3 Januari 2011. \"Alhamdulillah sudah 11 tahum berdiri di Cirebon, khususnya di Cirebon Timur,” ujar Qorib.

Dia menjelaskan, 90 persen kasus hukum yang ditangani LKBH Bibit, murni kasus untuk warga miskin, tidak mampu, tetapi mereka kesulitan dalam hal pembiayaan untuk mendapatkan bantuan hukum. Qorib berharap, hadirnya kantor LKBH Bibit serta Kantor Pengacara, Mediator dan Konsultan Hukum Advokat Qorib di Kota Cirebon bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih kepada masyarakat yang memerlukan bantuan dan pendampingan hukum namun terkendala dengan pembiayaan.

\"Terima kasih kepada Pak Walikota yang meluangkan waktu hadir meresmikan,” ujar Qorib penuh bangga.

Dia berharap, peresmian langsung oleh Walikota Cirebon membawa keberkahan bagi semua. Khususnya masyarakat fakir miskin yang membutuhkan bantuan hokum. “Kami hadir untuk membantu meringankan beban mereka,” kata Qorib.

Selain memberikan pelayanan bantuan hukum, LKBH Bibit juga menghadirkan jasa mediator untuk menyelesaikan sengketa di luar pengadilan. Serta masyarakat yang membutuhkan konsultan hukum.

Walikota Cirebon, Drs Nashrudin Azis SH menyambut baik. Dia menilai, para advokat yang tergabung di Kantor LKBH Bibit serta Kantor Pengacara, Mediator dan Konsultan Hukum Advokat Qorib SH MH CIL CMe, memiliki semangat tinggi untuk memberikan pelayanan hukum yang dibutuhkan masyarakat. Terlebih masyarakat yang tidak mampu serta terkendala pembiayaan.

2

\"Para advokat di sini memiliki semangat tinggi dan kemauan keras untuk mewujudkan harapan masyarakat,” tandasnya.

Untuk itu, Azis bangga, banyak advokat muda yang ingin berkiprah dalam memberikan pelayanan, khususnya di bidang hukum bagi masyarakat Kota Cirebon. Hadirnya LKBH Bibit di Kota Cirebon, diakui Azis, turut memotivasi dirinya untuk bisa ikut berpartisipasi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di bidang hokum. Mengingat, background pendidikannya juga merupakan sarjana hokum. Tapi belum bisa memberikan pelayanan di bidang itu.

Pihaknya mengajak kepada para advokat muda untuk bersama-sama mengasah kemampuan dan mendalami pengetahuan hokum. Sehingga bisa membantu masyarakat yang kurang mampu. “Ini memotivasi saya untuk bisa mengikuti jejak teman-teman. Kalau teman-teman saja bisa, maka saya juga harus bisa!” ujarnya.

Azis bahkan ingin menjadi bagian dari LKBH Bibit. “Saya ingin menjadi fasilitator di luar, juga menjadi kawan diskusi di dalam. Apalagi saya sudah mengikuti ujian Peradi, dan dinyatakan lulus. Hanya saja posisinya sebagai kepala daerah, tidak memperbolehkan membuka praktik jasa konsultasi hokum,” jelas Azis. (abd/adv)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait