Ketua DPR RI Desak Jokowi Gerakkan Menteri Turunkan Harga Minyak Goreng

Kamis 06-01-2022,03:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PRESIDEN Joko Widodo harus menggerakkan menteri-menteri terkait untuk segera menstabilkan harga minyak goreng yang tengah melambung tinggi. Dikatakan Ketua DPR RI Puan Maharani, langkah progresif Presiden Jokowi diperlukan mengingat harga minyak goreng banyak dikeluahkan kaum ibu yang membutuhkannya dalam kebutuhan sehari-hari.

“Kerja cepat pemerintah menurunkan harga minyak goreng ditunggu rakyat. Maka pengendalian mahalnya harga minyak goreng di pasaran harus cepat terealisasi,” kata Puan Maharani kepada wartawan, Rabu (5/1).

Mantan Menko PMK ini menilai, tidak stabilnya harga minyak goreng nasional sudah terlalu lama dibiarkan dan tidak terkendali hingga menjadi beban ekonomi baru bagi rakyat.

“Keadaan ini sungguh berat bagi rakyat kecil. Apalagi harga-harga bahan pokok lainnya juga banyak yang melambung tinggi sejak akhir tahun lalu,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyoroti langkah Kementerian Perdagangan yang menyatakan telah mendistribusikan stok minyak goreng agar tetap tersedia secara nasional dengan harga terjangkau.

Bagi dia, seharusnya penyaluran minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 14 ribu per liter sudah dilakukan jauh hari sebelum masa Natal dan Tahun Baru atau awal adanya kenaikan harga di pasaran.

2

“Mahalnya harga minyak goreng ini bukan baru-baru saja terjadi. Distribusi minyak goreng dengan harga terjangkau seharusnya sudah dilakukan sebelum harga minyak goreng meroket tak terkendali,” ucapnya.

“Di berbagai ritel sampai saat ini masih ada harga minyak goreng kemasan 2 liter mencapai lebih dari Rp 40 ribu. Penyaluran minyak goreng kemasan sederhana harus merata di seluruh daerah, termasuk di pasar-pasar tradisional,” tandasnya.(rmol)

BACA JUGA:

·  Oknum PNS Kabupaten Cirebon Lakukan Pencabulan, Korban Dibawa ke Hotel di Kuningan

·  Oknum PNS Kabupaten Cirebon Terduga Pelaku Pencabulan Masih Bebas, Kuasa Hukum Pertanyakan Proses di Polres Kuningan

Tags :
Kategori :

Terkait