Soal Porprov, Tunggu Keputusan Gubernur

Jumat 07-01-2022,08:00 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon masih menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV.

Hal itu dilakukan setelah digelarnya rapat koordinasi di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Bandung, Rabu (5/1) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, hadir sejumlah pihak terkait. Yakni, para kepala dinas pemuda dan olahraga se-Jawa Barat, Bapeda Jabar, BPKAD Jabar, Biroku Jabar, NPCI Jabar, serta KONI Jabar. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.

Salah satu keputusan dari pertemuan itu, bahwa, pelaksanaan Porprov XIV Jabar adalah pada bulan November 2022 mendatang. Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Cirebon Sutikno, pelaksanaan Porprov XIV digelar pada bulan November 2022 dengan catatan.

Pertama, kasus Covid-19 di Jawa Barat landai. Kedua, Pemprov Jabar punya anggaran untuk mendukung pelaksanaan Porprov XIV. Lalu yang ketiga, adanya penetapan resmi dari Gubernur Jawa Barat terkait pelaksanaan Porprov XIV.

“Kita tinggal menunggu keputusan dari Pemprov Jabar seperti apa. Kita manut saja,” kata Sutikno, kepada Radar Cirebon, kemarin (6/1).

Sutikno menghadiri pertemuan di Gedung Sate tersebut. Dia menyebut bahwa setelah ada keputusan resmi dari gubernur, pihaknya akan langsung menyusun program. Jika surat penunjukan sebagai host enam cabang olahraga (cabor) tidak berubah, pihaknya mengaku siap melaksanakan.

2

“Dalam surat yang dikeluarkan KONI Jawa Barat, Kota Cirebon ditunjuk untuk menggelar enam cabang olahraga babak utama Porprov XIV. Nah, kami masih menunggu surat resmi dari Pak Gubernur agar anggaran untuk persiapan jadi host bisa berjalan,” jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Kota Cirebon Hj Wati Musilawati menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan Porprov kepada Pemprov Jabar dan Pemkot Cirebon.  

“Kami harap SK terbaru penunjukan tuan rumah dari Pak Gubernur Jabar bisa cepat keluar. Karena itu adalah landasan kami untuk melakukan percepatan persiapan. Khususnya perbaikan venue,” kata Wati, tadi malam.

Sebelumnya, ada tiga kota yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov. Yakni Kabupaten Tasikmalaya, Subang, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Namun, ada perubahan karena Tasikmalaya mengundurkan diri. Sehingga ada daerah-daerah penyangga untuk bisa melaksanakan. Termasuk Kota Cirebon. Kota Cirebon dipilih untuk menjadi alternatif tuan rumah untuk pertandingan enam cabang olahraga di Porprov XIV.

Keenam cabang olahraga tersebut yakni bulu tangkis, softball, baseball, tenis lapang, tarung derajat dan panahan. (mid)

Tags :
Kategori :

Terkait