Guru Honorer Mengeluh, Kerja Serius Gaji Bercanda

Rabu 12-01-2022,04:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIANJUR - Guru honorer di Kabupaten Cianjur keluhkan masalah kesejahteraan yang sampai saat ini masih dibayar seadanya. Bahkan, mereka menerima gaji empat bulan sekali tergantung dari keluarnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

 

Seperti yang diungkapkan Danu Wiharja, Guru di SDN Selajambe 1 yang saat ini hampir 17 tahun mengabdi jadi guru honorer di Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.

 

\"Keluhan saya sebagai guru honorer mengeluh masalah kesejahteraan karena itu tidak mencukupi untuk kehidupan. Apalagi saya dengan kondisi sudah berkeluarga memiliki anak tiga, gaji hanya sekitar Rp950 ribu,\" kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (11/1).

 

Dia mengungkapkan, dengan gaji sejumlah itu, dia mengatakan tidak cukupi untuk biaya kehidupannya sehari-hari. Apalagi keluarnya hanya setiap empat bulan sekali.

2

 

\"Jadi saya harapkan ada pihak terkait untuk kesejahteraan bisa lebih mensejahterakan lagi untuk guru honorer, khususnya di Kecamatan Sukaluyu, umumnya di Kabupaten Cianjur. Saya jadi guru honorer itu dari 2006 awal sampai dengan sekarang, dari mulai gaji Rp150 ribu saya diangkat jadi guru honor sampai dengan sekarang 2022 saya dapat gaji Rp950 ribu,\" ungkap dia.

 

Dia berharap kepada pihak terkait bisa menganggarkan untuk kesejahteraan guru honor.

 

\"Kalau dulu pernah ada bantuan setiap bulan itu Rp50 ribu, keluar tiga bulan sekali, alhamdulillah itu bisa membantu juga untuk kami walaupun sedikit. Tapi dari mulai 2014 sampai dengan sekarang tidak ada lagi bantuan itu. Mudah-mudahan ke depannya bisa ada seperti itu,\" harapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah mengatakan, terkait kesejahteraan guru honorer di Kabupaten Cianjur, pihaknya sudah berkomitmen memperhatikan kesejahteraan guru honorer.

Tags :
Kategori :

Terkait