Warna Seragam Satpam Mirip Polri Akan Diubah Lagi

Kamis 13-01-2022,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

WARGA seragam Satpam yang saat ini sangat mirip dengan seragam Polri akan kembali diubah. Pasalnya, kesamaan warna membuat masyarakat kebingungan sehingga sulit membedakan mana Satpam dan Polisi.

\"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Jakarta, Rabu (12/1).

Menurutnya, Satpam merupakan profesi yang mengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, kata dia, diperlukan identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

Proses pengkajian itu, dijelaskan Ramadhan, masih dilakukan oleh pihaknya. Kemudian, warna seragam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam.

Penyesuaian seragam Satpam saat ini diatur melalui Peraturan Kepolisian No 4/2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020.

Merujuk pada beleid Perkap 4/2020 seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, terdapat sejumlah penyesuaian baru bagi anggota Satpam. Misalnya, kini anggota Satpam memiliki kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan. Kemudian, terdapat batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.

Selain itu juga, kini seragam personel Satpam dibuat menyerupai milik Polisi, yakni didominasi dengan warna coklat dan memiliki tanda kepangkatan. (rmol)

2

BACA JUGA:

·  Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Herry Wirawan: Jangan Dikurangi Hak Hidupnya

·  Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati, Komnas-HAM menolak, Ini Alasannya

Tags :
Kategori :

Terkait