Wow, Lelang Berlian Hitam 555,55 Karat, Bisa Pakai Mata Uang Kripto

Selasa 18-01-2022,22:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

NAMANYA The Enigma. Ini bukan nama orang. Melainkan berlian hitam 555,55 karat. Itu adalah berlian yang sangat langka. Ia masuk daftar Guinness World Records sebagai salah satu berlian terbesar dan terberat yang pernah ada. Sotheby’s akan melelangnya secara online pada 3‒9 Februari.

Tidak ada syarat untuk mengikuti lelang itu. Artinya, siapa pun penawar tertinggi bakal menjadi pemilik berlian tersebut. ’’Pembayaran dengan uang kripto bakal diterima,’’ bunyi pernyataan pihak Sotheby’s.

Mata uang kripto yang diterima ialah bitcoin (BTC), ethereum (ETH) dan USD Coin. Ini bukan kali pertama Sotheby’s menerima pembayaran uang kripto. Sebelumnya mereka berhasil menjual berlian langka 101,38 karat di Hongkong seharga USD 12,3 juta (Rp 176,26 miliar).

Baca juga:Pelepasliaran Macan Tutul di Gunung Ciremai, Ini Kandang yang akan Dipakai untuk Jodoh Slamet Ramadhan

The Enigma pada Selasa (18/1) ditampilkan di Dubai Diamond Exchange. Selanjutnya ia akan dipamerkan di Los Angeles, AS, pada 24‒26 Januari dan dibawa ke London, Inggris, pada 2‒9 Februari untuk proses lelang.

Sotheby’s mengungkapkan bahwa berlian hitam atau carbonados itu terbentuk dari dampak meteorit. Ia juga bisa muncul dari asteroid yang mengandung berlian dan bertabrakan dengan bumi. Yang membuat The Enigma istimewa bukan hanya karena ia memiliki berat 555,55 karat, melainkan juga karena wujudnya yang memiliki tepat 55 segi. Tidak diketahui kapan dan di mana berlian itu ditemukan, lalu dipotong.

House of Gubelin di Swiss dan Gemological Institute di Amerika memastikan bahwa itu adalah salah satu berlian terbesar di dunia. Spesialis perhiasan dan kepala penjualan di Sotheby’s London Nikita Binani menyatakan, The Enigma adalah keajaiban dari segi kelangkaan dan ukuran

2

Baca juga:Puncak Kasus Omicron Diprediksi Februari hingga Maret, Pemkot Cirebon Fokus Lakukan Ini

Selama dua dekade, berlian tersebut menjadi milik seseorang yang tidak mau disebutkan namanya. Ini adalah kali pertama berlian tersebut dipamerkan dan ditawarkan secara terbuka.

’’Penjualannya ini adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mendapatkan salah satu keajaiban kosmis paling langka berusia miliaran tahun yang diketahui umat manusia,’’ terang Binani seperti dikutip Agence France-Presse.(jp)

Tags :
Kategori :

Terkait