Selain Indonesia, Ini 9 Negara yang Pindahkan Ibu Kota

Kamis 20-01-2022,05:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

INDONESIA bukan satu-satunya negara yang memindahkan ibu kota negara. Sejumlah negara di dunia juga pernah melakukannya, termasuk negara tetangga Malaysia dan Myanmar. Berikut negara-negara yang memindahkan ibu kota negaranya:

1. AUSTRALIA

Negara Australia pernah memindahkan ibu kota dari Melbourne ke Canberra. Pemindahan ini terjadi pada tahun 1927 setelah Canberra memenuhi kriteria sebagai Ibu Kota yang salah satu syaratnya adalah harus memiliki taman kota. Canberra juga dipilih karena memiliki lokasi yang berada di tengah-tengah antara Melbourne dan Sydney. Pembangunan Canberra dimulai pada tahun 1913.

2. BRASIL

Negara Brasil memindahkan ibu kota negara dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada 21 April 1960. Brasilia memang sengaja dibangun dan dikembangkan untuk menggantikan Rio de Janeiro yang padat dan sangat macet. Selain itu, bangunan-bangunan di sana terletak berjauhan sehingga menghambat kerja pemerintahan. Kota ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1987. Brasilia didesain oleh arsitek bernama Oscar Niemeyer.

2

3. MALAYSIA

Negeri jiran, Malaysia memindahkan pusat pemerintahannya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya pada tahun 1999. Putrajaya didirikan pada 19 Oktober 1995. Nama Putrajaya diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia yang pertama Tengku Abdul Rahman Putra. Pemindahan ibu kota untuk meningkatkan efektivitas kerja lantaran Kuala Lumpur sudah sangat macet oleh kendaraan. Namun, Kuala Lumpur saat ini masih menjadi tempat untuk Sultan, Parlemen Malaysia, serta pusat perdagangan, dan keuangan negara.

4. MYANMAR

Negara Myanmar memindahkan ibu kota dari Yangon ke Naypyidaw pada tahun 2005. Ibu kota baru tersebut dibangun 320 kilometer dari Yangon. Meski memiliki luas empat kali lebih besar daripada London, kota ini tidak memiliki jumlah penduduk yang tinggi, sehingg ibu kota baru sangat sepi, bahkan sering dijuluki sebagai “kota mati”.

5. NIGERIA

Nigeria memindahkan ibu kota negara dari Lagos ke Abuja pada 1991. Abuja dibangun dan dikembangkan pada tahun 80-an. Letaknya yang lebih sentral dan akses yang mudah merupakan alasan utama pemindahan ibu kota tersebut. Sejak pengembangannya, Abuja menjadi salah satu kota di dunia yang mengalami pertumbuhan paling pesat.

Tags :
Kategori :

Terkait