Sungai Ciberes Meluap, Desa Ciuyah Banjir, Segini Ketinggian Airnya

Sabtu 22-01-2022,01:05 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON – Hujan deras yang mendera sebagian besar wilayah Cirebon dan sekitarnya, pada Jum’at 21 Januari 2022 malam, berdampak banjir di sebagian wilayah Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon. Salah satunya desa Ciuyah.

Berdasarkan keterangan dari aparat desa setempat, banjir terjadi sekira pukul 23.00 WIB. Terdapat ratusan rumah yang terkena bencana tersebut.

“Ketinggian air sudah mencapai 150 cm, paling parah terjadi di Blok 3 dengan jumlah 200 rumah yang terendam,” kata Sekretaris Desa Ciuyah, Sutara.

Menurut Sutara, air yang menggenangi Desa Ciuyah berasal dari luapan Sungai Ciberes yang tak mampu menampung air akibat hujan lebat di wilayah hilir dan sekitar bantaran sungai. “Air dari Sungai Ciberes, disini hujan terjadi sejak sore” tuturnya.

Pemerintah Desa Ciuyah sudah mengumumkan kepada warga agar segera mengamankan barang berharganya. Kemudian, menyediakan tempat evakuasi. \"Kami sediakan balai desa untuk jadi tempat evakuasi,\" ungkapnya.

Berasarkan hasil pantauan di Bendungan Ambit, kenaikan tinggi air berlaku setiap jam. Hingga puncaknya, pada pukul 23.00 WIB ketinggian limpas mercu di bendungan tersebut mencapai 110 cm dengan debit air sebesar 61,982 liter perdetik.

Dengan demikian, wilayah di bantaran Sungai Ciberes diminta waspada, karena statusnya siaga 3.

2

Hingga berita ini ditulis, Pemerintah Desa Ciuyah masih melakukan pendataan mengenai dampak bencana banjir tersebut. (jun)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait