Jalan Tol Cisumdawu Terkini, Selesai Uji Laik Fungsi, Seksi I Jadi Beroperasi Akhir Januari?

Minggu 23-01-2022,07:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

SUMEDANG - Jalan Tol Cisumdawu terkini, telah memasuki tahap uji laik fungsi. Dengan demikian untuk seksi 1, diperkirakan sesuai target pengoperasiannya.

BBPJN Wilayah DKI Jakarta-Jawa Barat menginformasikan melalui Satker PJBH Cisumdawu bahwa telah selesai melaksanakan pekerjaan Tol Cisumdawu Seksi 1 ruas Cileunyi–Rancakalong

Namun, sebelum ruas Tol tersebut digunakan untuk umum, terlebih dahulu BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat bersama Direktorat Jalan Bebas Hambatan dan Kementerian Perhubungan pada tanggal 17-18 Januari 2022 melaksanakan Uji Laik Fungsi.

Tujuan dari Uji Laik Fungsi tersebut untuk memastikan bahwa jalan tersebut memenuhi syarat Uji Laik Fungsi sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 11 tahun 2010.

Bahwa jalan yang akan digunakan untuk umum harus aman dan laik fungsi dari sisi keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Sementara itu, pada kesempatan berbeda, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menargetkan untuk seksi I dapat berroperasi di akhir Januari 2022.

Menurut Kang Emil, berdasarkan laporan kontraktor seluruh tol Cisumdawu diperkirakan selesai pada Juni 2022.

2

Seperti diketahui, akses Tol Cisumdawu membentang sepanjang 60,10 kilometer yang terdiri dari enam seksi.

Seksi I mencakup Cileunyi-Rancakalong, Seksi II Rancakalong-Sumedang, Seksi III Sumedang-Cimalaka, Seksi IV Cimalaka-Legok.

Kemudian Seksi V Legok-Ujunjaya dan Seksi VI Ujungjaya-Dawun. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait