BPS Catat Inflasi Januari 2022 Sebesar 0,56 Persen, Kenaikan Harga Makanan dan Tembakau

Rabu 02-02-2022,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

INFLASI pada periode Januari 2022 kembali diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala BPS, Margo Yuwono menerangkan, pada awal Januari tahun ini ada kenaikan harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,17 persen.

\"Tiga komoditas yang memberikan andil inflasi dalam bahan makanan adalah daging ayam ras, ikan segar, dan beras,\" kata Margo dalam jumpa pers virtual di Kantor BPS, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (2/2).

Selain itu, Margo juga mencatat indeks kelompok pakaian dan alas kaki yang tercatat sebesar 0,43 persen, bahan bakar rumah tangga 0,51 persen, hingga kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,79 persen.

BACA JUGA:

·  Sejarah Prabu Siliwangi, saat Muda Jadi Raja di Sindangkasih Majalengka

2

·  Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23, Persebaya Langsung Dikurangi

\"Selanjutnya selompook kesehatan sebesar 0,24 persen,\" imbuhnya.

Di samping itu, BPS juga mencatat kenaikan pada kelompok transportasi sebesar 0,02 persen, rekreasi, olahraga dan budaya 0,41 persen, pendidikan 0,08 persen, penyediaan makanan dan minuman atau restoran 0,36 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,62 persen.

Dari indikator-indikator tersebut, Margo menuturkan, bahwa inflasi pada Januari 2022 sebesar 0,56 persen dibanding bulan sebelumnya (month to month), dan 2,18 persen dibanding Januari 2021 (year on year).

\"Perkembangan harga secara umum menunjukkan adanya kenaikan kenaikan. Dari 90 kota, terdapat 85 kota ang mengalami inflasi, dan 5 yang mengalami deflasi,\" demikian Margo.(rmol)

BACA JUGA:

·  Semalam Hingga Dinihari Tadi, Indonesia Diguncang 3 Kali Gempa Bumi, Jawa Barat Terbanyak

·  Geger Admin Nahdlatul Ulama Bakal Dipolisikan PBNU

Tags :
Kategori :

Terkait