Prabu Siliwangi Masuk Islam, karena Terpikat Kecantikan Nyi Subang Larang

Sabtu 05-02-2022,05:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Prabu Siliwangi dalam beberapa versi dan sumber sejarah sekunder disebutkan telah memeluk Islam. Meski sumber primer menyatakan, Sri Baduga Maharaja beragama Hindu.

Adapun Prabu Siliwangi masuk Islam, diriwayatkan karena terpesona dengan kecantikan Nyi Subang Larang, santriwati yang mondok kepada Syekh Quro.

Indikasi lain yang menyebut Prabu Siliwangi masuk Islam adalah karena memiliki keturunan muslim seperti Pangeran Walangsungsang, Rara Santang hingga Kian Santang.

Kendati demikian, anggapan tersebut dibantah oleh Akademisi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Dr Nina Herlina Lubis. Dia menyebut Sri Baduga Maharaja hanya pura-pura menjadi muslim.

Baca juga:

\"Ini karena Raja Sunda ingin menikah dengan santri putri Syekh Quro. Syekh Quro itu berasal dari Campa. Jadi tidak mungkin membiarkan santriwatinya menikah dengan yang berbeda agama,\" kata Prof Nina, dalam Webinar Kerajaan Sunda dalam Konstelasi Politik, Dulu dan Kini.

Dijelaskan dia, Prabu Siliwangi menjadi muslim, besar kemungkinan hanya kepura-puraan, agar diberikan izin menikah dengan Nyi Subang Larang.

2

\"Ini interpretasi logis, Prabu Siliwangi pura-pura Islam,\" katanya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait