Akibat Gelombang Omicron, RS Penuh dan Anak-Anak Paling Terancam

Sabtu 05-02-2022,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SAAT kasus aktif sudah hampir mencapai 150 ribu orang pada Jumat (4/2), namun kapasitas RS masih memadai atau terkendali. Apa alasannya? Ternyata kuncinya pada cakupan vaksinasi yang sudah semakin tinggi saat ini. Beda kondisinya saat Delta menyerang dan cakupan vaksin masih rendah.

“Kenapa BOR tetap terkendali di saat kasus aktif sudah 100 ribuan? BOR cenderung masih stabil saat gelombang Omicron, berbeda dengan Delta. Sekali lagi, ini bukan karena varian Omicron lemah atau ringan, tetapi karena imunitas masyarakat sudah vaksin. Ya, kita jangan tunggu BOR sampai tinggi.

Kasus aktif itu banyak sekali tak bisa dihindari ya,” kata epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman kepada JawaPos.com, Jumat (5/2).

Berdasar itu, Dicky meminta pemerintah dan masyarakat untuk mempercepat akselerasi vaksin booster. Terutama pada lansia dan komorbid. Selain itu, segera melengkapi vaksin pada anak hingga 2 dosis.

BACA JUGA:

·  Prabu Siliwangi Masuk Islam, karena Terpikat Kecantikan Nyi Subang Larang

·  Jalan Kapten Piere Tendean Ciledug, Penghubung Jabar-Jateng dan Sungai Cisanggarung

2

“Itu karena mereka dominan menjadi penghuni dari RS itu,” tegasnya.

“Dan ada hal harus dipahami. Kalau RS kita belum penuh atau di bawah BOR standar, bukan berarti situasi masih terkendali, bukan berarti tak serius di masyarakat. Itu akan bergantung karakter masyarakat Indonesia,” katanya.

Dicky menjelaskan sekalipun BOR tampak terkendali, namun pada gelombang Omicron kali ini justru kelompok paling rentan adalah anak-anak. Mengapa? Sebab anak di bawah 6 tahun belum bisa mendapatkan vaksin. Anak usia 6-11 tahun juga sebagian besar belum vaksin atau baru 1 dosis. Dan anak di atas usia 12-18 tahun bisa jadi vaksinnya sudah kedaluarsa.

Berita Berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  CCTV Kecelakaan Vanessa Angel Diputar dalam Sidang, Mobil Terpelanting Beberapa Kali

·  Pengemudi Acungkan Pistol di Tol Cipali, Ternyata Satpam Kementerian

Tags :
Kategori :

Terkait