PTM Mulai Lagi, 4 Tips Supaya Kesehatan Mental Guru dan Siswa Tetap Terjaga

Senin 14-02-2022,07:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

radarcirebon.com, SEORANG guru dituntut untuk tetap prima, baik secara jasmani maupun rohani atau mental.  Terlebih masa belajar online, kini siswa mulai kembali melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). 

Kesehatan fisik dan mental para para peserta didik dan tenaga pendidik harus menjadi pehatian. 

Seorang tenaga pendidik yang sehat jasmani dan mental diharapkan mampu menciptakan sistem pembelajaran yang efektif dan optimal dengan tetap menjaga kesehatan mental siswanya. Ini ada 4 tips yang mungkin bisa dikerjakan oleh guru dalam melakukan pembelajaran.

1. GURU HARUS LEBIH DEKAT DENGAN SISWA

Pembelajaran jarak jauh sudah pasti menciptakan jarak komunikasi yang kurang maksimal. Siswa kurang merasakan keterikatan dengan para guru, sehingga timbul rasa  tidak nyaman.  

Guru harus memelihara kondisi psikologis siswa saat menghadapi tantangan di masa new normal ini. Buatlah jadwal untuk melakukan metode teacher and student talk.

2

Contohnya memberi waktu siswa untuk bercerita perihal hal-hal yang disukai atau pancing siswa memberitahu kesulitannya selama belajar pembelajaran tatap muka berlangsung.

2. PEMBELAJARAN RAMAH ANAK

Masalah yang sering dikeluhkan siswa antara lain bosan dengan suasana kelas atau sulit menerima materi yang berupa teori.

Hal ini yang sering menjadi faktor meningkatnya stress pada anak. Guru bisa menawarkan untuk menyelesaikan tugas berdasarkan hobi siswa atau sesekali ajaklah siswa mengenal program pembelajaran di luar sekolah.

3. DISIPLIN DAN ADIL

Adil dan disiplin merupakan dua hal yang saling berkaitan, karena sikap disiplin merupakan landasan untuk dapat berlaku adil. Contoh sederhananya adalah guru membuat jadwal rutinitas kegiatan dengan pengaturan waktu yang baik.

Tags :
Kategori :

Terkait