DPR RI Mulai Gelar Fit And Proper Test Calon Anggota KPU Dan Bawaslu

Senin 14-02-2022,19:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KOMISI II DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota KPU-Bawaslu pada 14-16 Februari 2022. Fit and propes test berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Senin (14/2), setidaknya ada 14 calon komisioner KPU yang akan dipilih sebanyak 7 orang dan 10 calon angota Bawaslu RI yang akan disaring menjadi 5 anggota periode 2022-2027.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, para calon anggota Bawaslu RI dan Komisioner KPU RI ini akan ditekankan mengenai beberapa aspek.

\"Pertama dan penting adalah aspek integritas. Melihat pengalaman, masih ada penyelenggara pemilu yang terjebak masalah hukum,\" kata Ahmad Doli beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:

·  Dibuka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23, Ini Caranya

·  Prabu Siliwangi dan Macan Putih, Ini Wangsit yang Jadi Asal-usul Maung Bodas

2

Hal lain yang menjadi pertimbangan Komisi II DPR RI dalam fit and proper test yakni kepemahaman konsep pemilu hingga teknis pemilu, termasuk kemampuan komunikasi.

Adapun 14 calon komisioner KPU RI yakni August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne.

Mochamad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yaty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Kemudian 10 calon anggota Bawaslu yakni Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Malonga, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.(rmol)

BACA JUGA:

·  Hati-hati! Puncak Omicron Diprediksi Awal Maret 2022

·  Prabu Surawisesa Putra Prabu Siliwangi, Bertempur 14 Kali Mempertahankan Pajajaran

·  Wacana Pemekaran Provinsi, Jawa Barat Dibagi Tiga, Ada Cirebon dan Pakuan

Tags :
Kategori :

Terkait