Kampanye Presiden Dimulai, Ini Kandidat Utama yang Bersaing Ketat di Korea Selatan

Selasa 15-02-2022,20:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

DI Tengah pandemi Covid-19 yang masih jauh dari kata usai, Korea Selatan resmi memulai masa kampanye pemilu presiden pada Selasa (15/2). Selama 22 hari ke depan, para calon presiden diperkenankan untuk mengkampanyekan pencalonannya serta program yang mereka usung.

Sementara itu, pemungutan suara sendiri akan dilakukan pada tanggal 9 Maret mendatang. Ini adalah pemilu pertama di mana batas usia pemilih diturunkan dari semula 19 tahun menjadi 18 tahun. Aturan mengenai perubahan batas minimum usia pemilih tersebut sudah disahkan sejak 2020 lalu.

Pemilu ini mengundang spotlight tersendiri dari banyak negara asing, lantaran perbedaan kebijakan luar negeri yang substansial antara kubu liberal yang berkuasa dan partai oposisi konservatif.

Komisi Pemilihan Umum Korea Selatan mencatat, terdapat 14 kandidat yang maju dalam pemilu kali ini.

BACA JUGA:

·  Kontak dengan Orang Positif Covid-19, Raffi Ahmad Langsung Sakit, Gigi: Doakan ya

·  BPJPH Segera Terbitkan Sertifikat Halal Vaksin Merah Putih

2

Di antara mereka, terdapat dua kandidat utama yang bersaing ketat, jika merujuk pada jajak pendaat yang sudah dilakukan sebelumnya. Mereka adalah Lee Jae-myung dari Partai Demokrat liberal Korea (DPK) yang merupakan partai pengusada dan Yoon Suk-yeol dari Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang konservatif dan merupakan partai oposisi utama di negara itu.

Siapa Lee Jae Myung?

Lee adalah seorang pengacara hak asasi manusia berusia 57 tahun yang juga merupakan mantan gubernur provinsi Gyeonggi, provinsi terbesar di negara itu.

Namanya sudah dikenal banyak kalangan di Korea Selatan bahkan sebelum maju dalam pemilu kali ini. Pasalnya, dia adalah kisah \"langka\" dari seorang anak yang megalami kemiskinan di masa kecilnya dan pernah bekerja di pabrik, hingga berhasil sukses, kaya dan populer seperti saat ini.

Berita berlanjut dihalaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Ramalan Wangsit Siliwangi, Kejayaan Kembali Nusantara, Ditandai 7 Gunung Meletus

·  Menkes RI: Masyarakat Dapat Hidup Normal Asalkan Taat Prokes

Tags :
Kategori :

Terkait