Beredar Video Ceramah Syafiq Basalamah, yang Tidak Boleh Menyebut “Bumi Pertiwi”

Sabtu 19-02-2022,11:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

radarcirbeon.comSETELAH video ceramah Khalid Basalamah yang viral karena kontroversi melarang wayang, kini beredar video Syafiq Riza Basalamah yang menganjurkan umat Muslim untuk tidak menyebut Bumi Pertiwi.

Syafiq Riza beralasan, bumi pertiwi adalah nama dewa. Menurutnya,  ada satu bahasa yang sering diungkapkan oleh insan manusia yang sebenarnya tidak boleh. “Yaitu Dewi Pertiwi atau Bumi Pertiwi,” kata Syafiq.

Menurut Syafiq Riza, pertiwi itu dewi penguasa bumi. “Kalau kita ngomong Bumi Pertiwi berarti kita meyakini ada Tuhan selain Allah Swt,” katanya dalam video tersebut.

Syafiq Riza mengatakan, karena orang-orang selain Islam memeliki beberapa Tuhan. Ada yang namanya Dewi Padi, atau Sri, Sri Rahayu,  Wisnu.

“Ibu-ibu yang ada namanya Sri, diganti. Ada juga Wisnu mudah-mudahan cepet diganti,:” kata Syafiq.  

Belum ada keterangan resmi kapan dan dimana ceramah itu dilangsungkan.

Syafiq Riza Basalamah bernama lengkap Syafiq Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim bin Zaid Basalamah, ia lahir di Jember, Jawa Timur pada 15 Desember 1977.

2

Syafiq tercatat aktif sebagai dosen tetap pada program studi Ahwal Al-Syakhsiyyah di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi\'i Jember sejak 2016. Ia mengajar beberapa mata kuliah di antaranya metode dakwah, akhlak islamiyah, sirah nabawiyah, dan lain-lain.(ing)

Tags :
Kategori :

Terkait