Hiu tutul atau whale shark Muncul Di Perairan Probolingo

Senin 21-02-2022,16:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

HIU tutul atau whale shark kembali muncul di Perairan Probolinggo, sejak beberapa hari lalu.

“Sepekan ini sering lihat. Tapi, karena memang ini sudah tahunan, kami juga paham serta tidak pernah mengganggu mereka (hiu tutul),” ujarnya, Sabtu (19/2).

Munculnya hiu tutul di perairan Probolinggo, terekam kamera sejumlah warga yang hendak ke Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Seperti ditegaskan warga Desa Gili Ketapang, Syarif, 39.

Kasat Polairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno mengatakan, hiu tutul pada dasarnya saban tahun pasti ada. Meski bulannya berbeda-beda, namun pergeserannya sesuai insting hiu dalam mencari pakan.

BACA JUGA:

·  Pedagang Tempe dan Tahu di Kota Cirebon Mogok Jualan, Mulai Besok sampai Rabu, Imbas Kenaikan Harga Kedelai

·  Pengecer Kedelai di Kota Cirebon: Harga Berubah Tiap Hari, Dukung Demo Pedagang Tempe dan Tahu

2

“Pergeserannya seolah terstruktur, sesuai dengan insting alami pencarian makanan. Lantaran sudah kerap datang, warga pun sudah tak asing lagi,” ujarnya.

Terkait jumlahnya, menurut Slamet, bisa mencapai belasan dengan kelompok-kelompok kecil. Ia pun meminta warga turut menjaganya. “Jika diketahui posisinya agak menepi saat mencari pakan, sebaiknya dihalau agar kembali ke tengah,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Slamet, paling tidak masyarakat ikut menjaga dan melestarikan hewan yang kian langka dan dilindungi itu. “Jadi ikut melestarikan, menjaga, melindunginya. Syukur-syukur nambah daya tarik wisatawan yang hendak ke Pulau Gili,” ujarnya. (rpd/rud/jp)

BACA JUGA:

·  Kenali Gejala Skizofrenia yang Diduga Dialami Novi Amelia

·  Silsilah Sunan Gunung Jati dari Jalur Ibu, Berikut Urutannya

·  1 Juta Kilogram Minyak Goreng Ditimbun, Pemilik Mengaku Takut Rugi

Tags :
Kategori :

Terkait