Perlu Anda Ketahui 5 Penyebab Kelopak Mata Selalu Terasa Gatal dan Kering

Jumat 25-02-2022,16:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KELOPAK mata normal akan tetap terasa halus, namun kelopak mata yang teriritasi akan terasa kering, gatal, kasar, bersisik, dan sangat membuat tidak nyaman. Dilansir dari berita Dream pernah merasakan hal tersebut?

Berikut beberapa pemicu kelopak mata jadi kering dan gatal

1. Lingkungan

Faktor lingkungan dapat menjadi penyebab utama mengapa kelopak mata terasa kering. Misalnya ketika cuaca yang dingin, umumnya akan membuat kulit mudah kering, tak tekecuali bagian kelopak mata. Menggunakan air panas terlalu sering ketika membasuh wajah atau badan juga merupakan faktor pemicu kulit kering karena dapat menghilangkan minyak alami kulit.

2. Usia

Faktor usia juga salah satu penyebab kulit kering. Seiring bertambahnya usia, kulit akan lebih sedikit untuk menghasilkan minyak alami untuk membantu menghidrasi kulit. Bertambahnya usia membuat lemak di area mata berkurang yang mengakibatkan kelopak mata jauh lebih tipis dari sebelumnya sehingga kulit cenderung lebih kering dan sensitif.

BACA JUGA:

2

·  Arnold Putra Keturunan Cirebon, Bikin Tas dari Tulang Punggung Manusia

·  <strong>Status Indra Kenz Bukan Tersangka, Tapi Masih….</strong>

3. Matahari

Paparan sinar UV berlebih tidak baik untuk kulit. Terbakarnya kulit akibat matahari dapat membuat kulit terasa lebih kering dan juga bersisik. Area kelopak mata merupakan area terbuka sehingga lebih sering terpapar sinar matahari akibatnya kelopak mata lebih rentan terhadap kerusakan. Sinar uv merupakan pernyebab utama kelopak mata kering dan gatal

4. Rosacea

Gangguan kulit wajah satu ini juga dapat menjadi penyebab kelopak mata kering. Biasanya terjadi pada wajah, namun beberapa kasus dapat terjadi pada area kelopak mata yang disebut ocular rosacea. Gejala ini dapat menyebabkan area mata membengkak, berair, dan merasa teriritasi.

5. Mata kering

Mata yang kering akan mempengaruhi area sekitarnya. Mata kering cenderung terlihat merah akibat kurangnya air pada mata. Meski cenderung terjadi pada bagian dalam namun kamu juga harus memperhatikan bagian dalam jika merasa memiliki gejala mata kering.

Tags :
Kategori :

Terkait