Terus Tekan Moskow, Cegah Rusia dapat Hak Penarikan Khusus IMF

Sabtu 05-03-2022,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon,com - Presiden Amerika serikat (AS) Joe Biden terus berupaya melakukan tekanan kepada Rusia agar mau menghentikan invasinya ke Ukraina, hak penarikan khusus IMF.

Para analis mencatat bahwa Moskow telah mempersiapkan selama bertahun-tahun untuk menahan sanksi hak penarikan khusus IMF, Rusia membangun peti perang uang tunai dan emas dan memiliki utang yang sangat rendah.

Rusia membangun peti perang uang tunai dan emas dan memiliki utang yang sangat rendah.

Terbaru, seorang pejabat Departemen Keuangan AS pada hari Jumat, 4, Maret 2022 waktu setempat mengatakan bahwa Amerika akan melakukan semua yang dapat dilakukan untuk mencegah Rusia mendapatkan keuntungan dari kepemilikannya atas aset cadangan Dana Moneter Internasional.

BACA JUGA:

Rusia menerima 17 miliar dolar AS aset IMF yang dikenal sebagai Hak Penarikan Khusus (SDR) dalam alokasi IMF baru tahun lalu, tetapi untuk membelanjakannya, Moskow harus mencari negara yang bersedia menukar SDR dengan mata uang dasar dalam bentuk pinjaman berbunga.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk mengambil semua langkah untuk mencegah Rusia mengambil keuntungan dari kepemilikannya atas SDR IMF,” kata pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu, 5, Maret 2022.

2

“Sebagai akibat sanksi oleh Amerika Serikat dan mitra kami, rezim Rusia akan menghadapi rintangan yang signifikan, bahkan tidak dapat diatasi, untuk menggunakan SDR-nya,\" ujarnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait