NPCI Minta Bonus Disamakan

Selasa 08-03-2022,00:34 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

CIREBON - Keprihatinan kembali dirasakan oleh atlet-atlet disabilitas yang tergabung dalam National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Cirebon. Mereka meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon agar bonus atlet difabel bisa disamakan dengan atlet non difabel pada Pekan Olahraga Paralympik Daerah (Peparda), bulan November 2022 mendatang.

Ketua NPCI Kota Cirebon, Sasmita mengaku, pemberian bonus kepada atlet disabilitas yang dilakukan oleh Pemkot Cirebon selama ini berbeda jauh dengan bonus yang diberikan kepada atlet normal. Padahal, di tingkat pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun di daerah lainnya, bonus atlet difabel sudah disamakan dengan atlet normal.

“Harapan kami, agar diperhatikan bonus Peparda tahun ini. Sebab, tahun 2018 lalu, untuk atlet non difabel peraih medali emas bonusnya Rp100 juta. Sementara difabel hanya Rp15 juta. Jangan pilih kasih lah! Karena sama-sama memperjuangkan nama baik Kota Cirebon,” ucap Sasmita.

Pada bulan November 2021 lalu, atlet penyandang disabilitas asal Kota Cirebon, Hijrah Yanti, mencatat sejarah dengan meraih prestasi di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua. Bahkan, Hijrah Yanti telah menyumbangkan medali emas dan perak untuk kontingen Jabar di ajang Peparnas Papua tersebut.

\"Oleh karena itu, saat ini, kami mulai menggenjot latihan, agar semua atlet bisa ikut bertanding dan berprestasi di Peparda, bulan November 2022 mendatang,\" ungkapnya.

Sasmita menyebut, atlet disabilitas di Kota Cirebon saat ini berjumlah 50 orang dari tujuh cabang olahraga (cabor). Di antaranya, angkat berat, renang, bulu tangkis, tenis meja, atletik, catur dan panahan. Nantinya, jumlah peserta yang dibawa akan menyesuaikan dengan pemberian dana dari Dispora Kota Cirebon.

“Semoga tahun ini anggaran terpenuhi, dan 40 atlet bisa berangkat semua. Saat ini ada 50 atlet. Dengan persiapan delapan bulan lagi jelang Peparda, kami masih latihan seminggu empat kali. Tapi habis lebaran latihan akan setiap hari,” tandasnya. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait