5 Manfaat Tinta Sotong Bagi Kehidupan Manusia

Rabu 16-03-2022,13:43 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Sotong adalah salah satu hewan laut yang mirip dengan cumi sehingga seringkali sulit dibedakan. Sotong memiliki badan berbentuk bulat telur agak pendek dengan sirip daging melingkari seluruh badan dan bagian belakang tubuh bundar.

Dibanding cumi, sotong memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Bentuk sotong panjang namun, agak pipih dan melebar. Punggung sotong keras karena di dalam dagingnya terdapat kerangka dari kapur yang berbentuk lonjong dan berwarna putih

Sotong merupakan jenis hewan yang mirip dengan cumi – cumi, yang hidup pada berbagai jenis perairan laut. Sotong sendiri merupakn keluarga chepalopid, sama sepertu gurita dan juga cumi – cumi.

Tinta Sotong

Sama sepertu cumi – cumi, sotong juga merupakan jenis hewan yang mengeluarkan cairan berupa tinta yang berwarna pekat untuk melindungi dirinya. Tinta akan keluar dari tubuhnya, ketika sotong merasa terancam, dan akan melindungi dirinya.

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa manfaat dari tinta sotong:

2

1.Melawan tumor ganas

Manfaat pertama dari tinta sotong adalah dapat membantu melawan pertumbuhan tumor ganas, hingga kanker. Percobaan ini sudah pernah dilakukan di daerah Jepang, yang diujicobakan pada tikus yang mengalami tumor ganas

2.Sebagai Pewarna hitam alami pada makanan

Manfaat lainnya dari tinta sotong adalah sebagai salah satu bahan pewarna hitam alami pada makanan. Saat ini, penggunaan bahan pewarna kimia yang cenderung berbahaya bagi kesehatan tubuh marak sekali digunakan. Bahan pewarna kimia yang biasa digunakan tersebut biasanya akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, dan dapat menyebabkan makanan yang dimakan menjadi tidak sehat.

3.Sebagai tambahan bumbu pada masakan

Anda ingin memasak suatu makanan, namun ingin menambahkan citarasa seafood? Tidak perlu repot – repot mencai bumbu penyedapt rasa atau msg yang banyak beredar di pasaran. Anda cukup mencoba menambahkan tinta sotong pada masakan anda. penambahan tinta sotong akan membuat masakan yang anda masak memiliki cita rasa seafood yang nikmat dan juga lezat, tanpa haus menambahkan berbagai macam bumbu lainnya yang mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait