Forum Pelajar Sadar Hukum, SMAN 7 Cirebon

Minggu 20-03-2022,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - SEBAGAI generasi yang akan melanjutkan kehidupan kedepannya, sudah seharusnya kita menyadari untuk mematuhi hukum ataupun peraturan yang ada. Baik di sekolah, tempat umum bahkan di rumah pasti memiliki hukum atau peraturan mereka sendiri. Seperti halnya siswa SMAN 7 Cirebon yang mengikuti Forum Pelajar yang menerapkan kesadaran hukum dan hak asasi manusia di sekolah.

Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia atau disingkat FPSH HAM SMAN 7 Cirebon ini sudah didirikan sejak 22 Juli 2019, dan sekarang diketuai oleh Jihan Anisa Imelda. Forum ini memiliki beragam kegiatan, seperti mensosialisasikan kesadaran hukum dan HAM, serta menerapkan pembekalan tersebut kepada anggota dan masyarakat sekolah.

“Tujuan FPSH ini agar pelajar dapat meningkatkan kesadarannya terhadap hukum dan HAM, untuk mewujudkan penegakan, perlindungan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia,” ujar Jihan sebagai perwakilan FPSH.

Dengan jumlah anggota sebanyak 36 orang dan pelaksanaan kegiatan yang terdapat di lingkungan sekolah, Jihan dan anggota lainnya pun memiliki tantangan mereka tersendiri untuk mewujudkan tujuan FPSH ini.

BACA JUGA:

“Dikarenakan pandemi juga, jadinya kegiatan pun terbatas dan berakibat juga pada SDM-SDM baru yang belum dilatih secara sempurna. Sehingga menimbulkan kesulitan untuk memahami dan melaksanakan tugas FPSH ini,” keluh Jihan.

Ditambah lagi para siswa yang belum tentu mau berkooperatif dengan anggota FPSH membuat Jihan dan yang lain kewalahan dan menjadi tantangan yang berat bagi mereka.

2

Walaupun begitu Jihan mengaku bahwa dengan adanya kegiatan ini, membuatnya mendapatkan relasi yang luas dengan lingkungan sekolah terutama sesama anggota FPSH dan menambah pengalaman/pengetahuan tentang hukum dan HAM. “Saya harap dengan aktifnya FPSH ini dapat menimbulkan kesadaran bagi semua orang, tentang seberapa pentingnya untuk mengimplementasikan hukum dan kesadaran HAM bagi semua orang,” tutup Jihan dengan harapan besarnya. (rakhmat/dhika)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait