Mau Jadi Adik Ipar Jokowi, Hakim MK Ini Diminta Mundur

Selasa 22-03-2022,11:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

Radarcirebon.com, JAKARTA – Salah satu hakim konstitusi Anwar Usman akan melepas status dudanya. Perempuan yang sudah dilamar dan akan dinikahinya itu  Idayati, yang tak lain adik kandung dari Presiden Joko Widodo.

Tentu banyak pihak yang meminta, jika jadi menikahi adik Jokowi,  Anwar Usman melepaskan jabatan Hakim Konstitusi.

Alasannya,  pernikahan tersebut berpotensi besar menimbulkan konflik kepentingan dalam menangani perkara dan berdampak pada institusi Mahkamah Konstitusi (MK).

Akademisi Universitas Andalas, Feri Amsari, mengatakan pernikahan tersebut akan menimbulkan dampak terhadap ketatanegaraan.

Menurut  Feri, Anwar selaku Hakim Konstitusi akan menyidangkan perkara-perkara yang berkaitan dengan kepentingan politik Presiden Jokowi.

\"Misalnya pengujian UU IKN (Ibu Kota Negara). Konflik kepentingan akan muncul dalam setiap pengujian UU karena Presiden adalah salah satu pihak,”  ujar Feri.

Feri berharap Anwar berbesar hati untuk mengundurkan diri jika nanti sudah menikah dengan Idayati. Hal itu, menurut dia, juga demi kebaikan MK sebagai garda depan pengawal konstitusi.

2

Sementara Victor Santoso Tandiasa, pengacara dari Abdullah Hehamahua dkk dalam uji formil UU IKN, juga meminta Anwar mundur dari jabatannya sebagai Hakim Konstitusi karena pernikahan itu akan berdampak negatif pada lembaga MK di mata publik.

\"Apabila terjalin hubungan keluarga yang cukup dekat antara Ketua MK dengan Presiden (calon adik ipar) sebagai pihak yang berperkara, tentunya tidak dapat dihindari munculnya kecurigaan publik terutama bagi pihak yang berperkara terhadap putusan-putusan yang dihasilkan oleh Mahkamah Konstitusi,\" ucap Victor.

Kisah cinta adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman terbilang singkat. Mereka akan menikah Mei 2022 mendatang.

Mereka sudah melakukan proses lamaran  bulan lalu. Wanita yang akrab disapa Ida tersebut mengatakan untuk pernikahan akan diselenggarakan pada  26 Mei 2022 di Solo.

Terkait perkenalan awal dengan Anwar, ia mengatakan pertama kali dikenalkan oleh seorang kawan. \"Bulan Oktober 2021 dikenalin teman,\" katanya.

Ia mengaku senang atas lamaran yang dilakukan oleh Anwar. \"Senang aja,\" katanya.

Mengenai aktivitas sehari-hari, Ida yang saat ini berusia 55 tahun mengaku hanya menjalani kegiatan sebagai ibu rumah tangga biasa.

\"Sebagai ibu rumah tangga, dulu suami yang kerja,\" katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait