Makan Ikan Cegah Stunting

Senin 28-03-2022,12:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - STUNTUNG atau pelambatan tumbuh kembang anak di Indonesia, masih cukup tinggi. Termasuk pula di Kota Cirebon. Karena itu, berbagai upaya dilakukan. Diantaranya dengan gemar makan ikan. Kandungan protein ikan meningkatkan imunitas dan mencegah stunting.

Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati mengatakan, upaya menekan angka stunting dilakukan bersama antara pemerintah, swasta, dan seluruh elemen masyarakat. “Makan ikan tingkatkan imunitas dan cegah stunting,” ujarnya, saat sosialisasi gemar makan ikan di Baperkam RW 10 Karya Mulya Kesambi Kota Cirebon, akhir pekan kemarin. Eti Herawati mengajak semua pihak, meningkatkan konsumsi ikan.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Cirebon Hj NR Madyawati SH menjelaskan, makan ikan memiliki banyak manfaat. Diantaranya, meningkatkan imunitas, kecerdasan, kekuatan tubuh, dan mencegah stunting. Ikan dapat diolah dalam beragam bentuk makanan. “Makan ikan itu enak dan sehat,” ucapnya. Karena itu, sosialisasi gemar makan ikan terus dilakukan berkelanjutan, agar tercipta generasi unggul dan tangguh.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon Ir Hj Yati Rohayati menyampaikan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) adalah upaya sistematis dan terstruktur, dengan melibatkan seluruh elemen. Tujuannya, membangun kesadaran kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan. “Sosialisasi dan penetrasi gemar makan ikan, akan kami lakukan di seluruh Kota Cirebon,” ujarnya. (ysf)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait