Apa Itu Penyakit GERD dan Penyebabnya?

Selasa 29-03-2022,15:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Penyakit GERD yang seperti di derita penyanyi Maia Estianty, penyakit asam lambung munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD)muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Penyakit GERD atau asam lambung merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang memengaruhi cincin otot atau katup antara kerongkongan dan perut. Bagian otot ini dikenal juga sebagai Lower Esophagus Sfingter (LES). Normalnya, otot tersebut akan terbuka ketika kamu menelan sesuatu menuju perut

Asam lambung atau GERD bisa dialami oelh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada, dilansir dari alodokter.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

BACA JUGA:

2

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

Diagnosis Penyakit Asam Lambung

Keluhan heartburn pada penderita asam lambung akan dirasakan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Bila pasien datang dengan keluhan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes penunjang. Pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh dokter adalah gastroskopi, foto Rontgen, pemeriksaan pH kerongkongan, serta tes kekuatan otot kerongkongan (manometri).

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait