Disarpus Gelar Lomba Bertutur

Selasa 29-03-2022,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Cirebon menyelenggarakan Lomba Bertutur untuk Siswa Sekolah Dasar (SD/MI) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2022. Lomba itu untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca di tingkat sekolah dasar. Selain itu, untuk melestarikan aneka budaya daerah serta mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang ada di Indonesia.

Kepada Radar, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, H Hendra Nirmala SSos MSi melalui Sekretaris Disarpus, H Kasina SSos menuturkan, Kompetisi ini bertujuan sebagai wadah untuk mengasah daya imajinasi dan kreativitas generasi muda.

“Lomba Bercerita ini sebagai upaya untuk membudayakan gemar membaca kepada generasi muda. Khususnya kemampuan anak dalam mengeksplorasi berbagai cerita rakyat yang berlatar budaya daerah. Kita ketahui bersama, membaca dapat menambah wawasan, dalam berbagai penelitian disampaikan bahwa membaca dapat melatih fungsi otak, menjernihkan pikiran, dan memperkuat daya ingat,”ungkap Kasina.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Perpustakaan Disarpus Kabupaten Cirebon, Hj R Kania Agustina SKM, menambahkan, membaca merupakan sumber pengetahuan dan inspirasi.

BACA JUGA:

“Banyak membaca memberikan manfaat yang besar. Dengan membiasakan membaca, tidak akan ketinggalan informasi,” ujarnya.

Dalam lomba bercerita tingkat SD untuk juara I diraih oleh Via Nazdatullah Juhana dari SDN 4 Kenanga, juara II Yazdan Almeer T Ramadhan dari SDN Kenanga 4, juara III ialah Rose Zafira dari SDN 1 Panembahan, juara harapan 1 Dzikra Aisy Alzena Safa dari SDN 4 Kenanga, juara harapan II Regita Ladysifa Azzahra dari SDN Tersana Baru dan juara harapan III oleh Syahara Putri A dari SDN 2 Kepongpongan.

2

“Lomba bertutur ini menjadi agenda rutin untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak sekolah dasar. Anak-anak dapat menyampaikan cerita tentang budaya daerah Indonesia Cirebon khususnya, menjadikan pengetahuan dan literasi membaca semakin luas,”tukasnya.(via).

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait