Manfaat Minum Teh Saat Sahur dan Berbuka Puasa untuk Kesehatan

Selasa 05-04-2022,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Teh merupakan salah satu minuman masyarakat Indonesia yang sering dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Selain nikmat untuk dikonsumsi, minuman teh juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
  2. Menurunkan Kolesterol Jahat
  3. Menjaga kadar gula darah
  4. Melancarkan peredaran darah

Teh untuk menghidrasi tubuh saat puasa

Ada anggapan bahwa mengonsumsi teh saat sahur bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan saat berpuasa. Anggapan ini muncul karena teh mengandung sejumlaha kafein yang memiliki efel diuretik, sehingga dapat menyebabkan lebih sering buang air kecil dan akhirnya memicu dehidrasi. Benarkah demikian?

BACA JUGA:

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh dalam jumlah yang berlebihan atau lebih dari 6 cangkir per hari memang berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Namun, selama Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, teh tidak akan memicu dehidrasi, dikutip dari Alodokter, Selasa, 5 April 2022.

Teh untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa

2

Ada anggapan bahwa mengonsumsi teh saat sahur bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan saat berpuasa. Anggapan ini muncul karena teh mengandung sejumlah kafein yang memiliki efek diuretik, sehingga dapat menyebabkan lebih sering buang kecil dan akhirnya memicu dehidrasi. Benarkah demikian?

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh dalam jumlah yang berlebihan atau lebih dari 6 cangkir per hari memang berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Namun, selama Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, teh tidak akan memicu dehidrasi.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait